Cerita Perbedaan Bahasa dalam Latihan Eduardo dengan Pemain Semen Padang FC

Strategi Semen Padang FC

Pelatih Eduardo Almeida dalam sesi latihan Semen Padang FC. (Foto: Rahmadi)

Langgam.id - Pelatih Kepala Semen Padang FC Eduardo Almeida mengaku tidak kesulitan dalam memimpin tim walaupun ia tidak bisa berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia.

Pelatih asal Portugal itu sehari-hari berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris. Ia memberikan instruksi dengan Bahasa Inggris sambil mengarahkan dengan gestur tubuhnya. Hal ini tampak saat ia memimpin latihan di Lapangan Mess Indarung Padang, Jumat, (11/10/2019) sore.

Diketahui empat pemain asing Semen Padang hanya Yu Hyun Koo yang bisa berbahasa Indonesia. Sedangkan dengan Vanderlei dan Flavio Beck asal Brasil, Eduardo di luar latihan, tampak berbicara dalam Bahasa Portugal. Bahasa Nasional Brasil memang Bahasa Portugal.

Selain Bahasa Indonesia, Inggris dan Portugal, ragam bahasa di arena latihan Semen Padang makin kaya dengan Karl Max asal Chad yang terbiasa berbahasa Prancis.

Menurut Eduardo, pemain bisa memahami apa yang diintruksikannya dengan bahasa Inggris. Kalaupun saat ada kata-kata yang tidak dipahami oleh pemain maka akan diterjemahkan oleh asistennya.

"Mereka mengerti apa yang saya instruksikan dalam Bahasa Inggris. Sampai momen ini, belum ada masalah soal bahasa. Karena sepakbola bisa memahami banyak bahasa. Dan, yang paling penting adalah apa yang kita lakukan di lapangan bukan apa yang kita katakan," katanya.

Eduardo mengaku dirinya terus belajar Bahasa Indonesia. Ia mulai mengucapkan kata kata sederhana seperti sapaan, "Selamat siang", "terimakasih", atau pujian kepada pemain yang melakukan tugas dengan baik "bagus".

Pemain belakang Semen Padang Muhammad Rifqi membenarkan Eduardo. "Kita mengerti. Tapi kita yang tidak bisa bicara ke dia, hanya itu. Tapi yang lebih penting kita mengerti apa maunya dia," katanya.

Menurutnya dari gestur juga bisa dipahami apa yang diperintahkan pelatih. Bahasa Inggris pelatih menurutnya juga pelan sehingga lebih mudah dipahami.

Hal tersebut karena Eduardo bukan penutur Bahasa Inggris asli, dan juga belajar Bahasa Inggris. Rifqi mengaku juga memahami sedikit Bahasa Inggris.

"Ada saja satu kata yang kita mengerti, maka kita bisa paham maksudnya. Lagi pula, dia juga belajar Bahasa Inggris, sama kayak kita," katanya.

Menurutnya bila ada pemain yang tidak mengerti maka akan ada yang membangun dari tim pelatih menjelaskan. Ia mengatakan bahasa sepak bola sangat universal sehingga bisa masuk dalam lintas bahasa. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Manajemen Semen Padang FC sudah mengumumkan 11 pemain baru guna menghadapi Liga 1 musim 2024/2024. Para pemain baru itu diperkenalkan melalui akun Instagram Semen Padang FC
Semen Padang FC Umumkan 11 Pemain Baru, 8 Rekrutan Asing Bakal Dikontrak
Stadion H Agus Salim menjadi kandang Semen Padang pada Liga 1 2024/2025 nanti. Percepatan renovasi Stadion H Agus Salim dilakukan renovasi
Telan Biaya Capai Puluhan Miliar, Semen Padang FC Percepat Renovasi Stadion H Agus Salim
Dispora Sumbar Tegaskan Komitmen Dukung Semen Padang FC Berkandang di GOR Agus Salim
Dispora Sumbar Tegaskan Komitmen Dukung Semen Padang FC Berkandang di GOR Agus Salim
Berita terbaru dan terkini hari ini: Teja Paku Alam dinobatkan sebagai kiper terbaik atau the best goal keeper oleh APPI Indonesia 11 2022.
Teja Paku Alam Dilirik Semen Padang FC, Begini Tanggapannya
Semen Padang FC Pertahankan 4 Pemain Muda untuk Liga 1
Semen Padang FC Pertahankan 4 Pemain Muda untuk Liga 1
Sejumlah Nama Beken Masuk Radar Semen Padang FC untuk Berlaga di Liga 1
Sejumlah Nama Beken Masuk Radar Semen Padang FC untuk Berlaga di Liga 1