Cegah Corona, Sipir dan Pengunjung Rutan Solok Selatan Wajib Cuci Tangan

Cegah Corona, Sipir dan Pengunjung Rutan Solok Selatan Wajib Cuci Tangan

hand sanittizer

Langgam.id - Pengunjung Rumah tahanan (Rutan) Muaralabuh, Solok Selatan (Solsel), Sumatra Barat (Sumbar) diwajibkan cuci tangan sebelum mengunjungi kerabat yang sedang mendekam di penjara. Hal ini untuk menimalisir penyebaran virus corona.

"Seluruh petugas juga wajib cuci tangan sebelum memasuki rutan. Kami sudah menyediakan sabun cair, kran air dan hand sanitizer," kata Kepala Rutan Kelas II B Muaralabuh, Sarwono.

Tak sekadar kebijakan wajib cuci tangan, pihaknya juga akan menerapkan pemeriksaan suhu tubuh untuk pengunjung dan petugas saat masuk rutan Solok Selatan. Namun saat ini, pihaknya masih kesulitan mendapatkan thermo gun untuk mengukur suhu tubuh pengunjung.

"Kami sudah memesan secara daring alat tersebut dan setelah tiba segera kami terapkan. Ini juga guna mencegah penyebaran virus corona di rutan Solok Selatan," ujarnya.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pessel dan ikut mensosialisasikan bahaya virus corona dan pencegahannya kepada petugas serta pengunjung dan penghuni rutan.

Saat ini, rutan Muarlabuh dihuni 68 orang warga binaan. Mereka semuanya dinyatakan dalam keadaan sehat. "Kalau ada penghuni yang demam, pertolongan pertama kami memberikan obat seperti biasanya. Kalau ada kontak dengan pengunjung sebelum demam akan diperiksakan ke petugas kesehatan," jelasnya.

Kabag Sumda Polres Solsel Kompol Benu Alam mengatakan institusi Polri juga sudah diintruksikan untuk jadi garda terdepan dalam pencegahan virus corona. Polres Solsel bahkan sudah lebih dulu melakukan upaya pencegahan dengan menyemprotkan disinfectant bekerjasama dengan Dinas Kesehatan.

"Penyemprotan disinfectant kita arahkan ke mesjid-mesjid dan fasilitas umum lainnya. Termasuk di sekolah dan Mapolres Solsel. Apapun kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona, Polri khususnya Polres Solsel siap mendukung," ujarnya. (*/ICA)

Baca Juga

Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Dharmasraya, Solsel dan Pasbar Serentak Peringati Hari Jadi Ke-19
Langgam.id - Dua ekor kerbau milik warga dilaporkan diterkam Harimau Sumatra di Jorong Lubuk Gadang, Sangir, Kabupaten Solok Selatan.
Harimau Diduga Terkam 2 Ekor Kerbau di Sangir Solsel, Begini Cara BKSDA Sumbar Mengatasinya
Langgam.id - Dua pasien Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GgAPA) masih dirawat di RSUP M Djamil Padang, Sumatra Barat (Sumbar).
Wagub Sumbar Curhat ke Moeldoko Soal Peran RSUP M Djamil Saat Pandemi Covid-19
Langgam.id - Kasus meninggalnya tiga kakak beradik di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) masih meninggalkan tanda tanya.
Fakta Dibalik Meninggalnya 3 Anak di Solok Selatan dan Menanti Penetapan Tersangka