Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Payakumbuh 52 Persen

Langgam.id-vaksinasi di Payakumbuh

Pelaksanaan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) di Kota Payakumbuh. [foto: Pemko Payakumbuh]

Langgam.id - Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal mengatakan, data terakhir capaian vaksinasi di Kota Payakumbuh sudah sebanyak 52 persen.

Diprediksi pada pelaksanaan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) tahap 1 yang digelar, Sabtu (30/10), capaian vaksinasi bisa mencapai 58 persen.

"Kita targetkan secara persentase pada posisi nomor 3 di Sumatra Barat. Di samping itu, minggu selanjutnya kita kejar lagi 70 persen, bahkan lebih," ujarnya saat Gebyar Sumdarsin di Gedung Olah Raga (GOR) M Yamin.

Sementara itu, Gebyar Sumdarsin tahap 1 yang digelar di Kota Payakumbuh ini menyediakan doorprize undian berhadiah utama sepeda motor.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wali Kota Riza Falepi, Wakil Ketua DPRD Wulan Denura, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira dan Dandim 0306/50 Kota Letkol Inf. Moch Denny Nurcahyono.

Kemudian, juga ada Kajari Suwarsono, Kakankemenag Ramza Husmen, Badan Intelegensi Negara, Kepala BUMN, BUMD, serta unsur forkopimda lainnya.

Siapkan 8 Tim Vaksinator

Dalam kegiatan ini, disiapkan 8 tim vaksinator yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat juga antusias mengikuti vaksinasi di titik lain seperti di kantor camat, beberapa kantor lurah, serta sekolah.

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi memberikan apresiasi atas dukungan semua unsur dalam menyukseskan vaksinasi di Kota Payakumbuh. Khususnya tenaga kesehatan yang selalu siaga memberikan pelayanan.

Ia berharap di Kota Payakumbuh bisa mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) dalam waktu dekat. Sehingga, dia bisa mengambil kebijakan selanjutnya terkait aturan beraktivitas masyarakat di tengah pandemi covid-19.

"Hoaks terkait vaksinasi yang beredar selama ini di media-media sosial membuat semangat masyarakat kita untuk divaksin rendah. Alhamdulillah, dengan edukasi dan sosialisasi yang baik, angka vaksinasi kita terus meningkat signifikan sampai saat ini," bebernya.

Baca juga: Capaian Data Adminduk Kota Payakumbuh Lampaui Target Nasional 

Kapolres Payakumbuh AKBP Alex Prawira menambahkan, Gebyar Sumbar Sadar Vaksin ini baru dilaksanakan untuk tahap 1.

Selanjutnya akan ada lagi pelaksanaannya pada minggu-minggu di November nanti, mengingat keterbatasan dan kemampuan petugas vaksinator.

"Khusus untuk vaksin 1, kita berharap di Sumbar nantinya pada akhir November sudah 70 persen warga yang telah divaksin. Kita harus optimis untuk bisa mewujudkannya bersama-sama," tutur Alex.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Rombongan Universitas Negeri Padang (UN) mengunjungi Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerperin) Kota Payakumbuh, Sabtu (28/1/2023).
Bahas Kelanjutan MoU dengan Pemko Payakumbuh, PSDKU UNP Akan Segera Beroperasi
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Pj. Wali Kota Payakumbuh rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Randang Balai Kota Payakumbuh, Jumat (27/1/2023). Hal ini menindaklanjuti arahan presiden terkait langkah strategis pengendalian inflasi di daerah.
Pemko Payakumbuh Siapkan Langkah Strategis Atasi Inflasi Daerah
Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda membuka secara resmi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Himpaudi Kota Payakumbuh di Aula Ngalau Indah, Kamis (26/1/2023).
Pj Wako Rida Ananda Buka Rakerda Himpaudi Payakumbuh
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Presiden Sebut Branding Daerah Banyak yang Mirip, Wako: Payakumbuh Sudah Berbeda
Pemko Payakumbuh menyambut kunjungan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatra Barat (BPPW) untuk melakukan penandatanganan naskah berita acara serah terima aset kepada Pemerintah Kota Payakumbuh pada Rabu (25/1/2023).
Pemko Payakumbuh Terima Hibah Aset Senilai Rp22 Miliar dari Kementerian PUPR