BMKG Minangkabau: Waspada Hujan Lebat di Pesisir Sumbar Jelang Idulfitri 1445 H

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai

Ilustrasi hujan lebat. [foto: canva.com]

Langgam.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Minangkabau memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih berpotensi terjadi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) menjelang Idulfitri 1445 Hijriah.

Koordinator Informasi dan Observasi BMKG Minangkabau Yudha Nugraha mengatakan, potensi hujan tersebut umumnya terjadi di wilayah pesisir Sumbar, seperti Pasaman Barat, Agam, Pasaman, Padang Pariaman, Kota Padang, dan Kepulauan Mentawai. Hujan diprediksi turun pada sore hingga malam hari.

"Memang dari pantauan kami di awal bulan April nanti hujan masih terjadi, terutama di pesisir Sumatera Barat. Jadi masyarakat yang ingin mudik untuk lebih berhati-hati, cari informasi resmi dari BMKG atau pihak terkait," ujar Yudha, dilansir dari InfoPublik Padang, Minggu (31/3/2024).

Sementara itu, wilayah lain di Sumbar juga masih berpotensi hujan, namun dengan kategori rendah.

Yudha mengimbau masyarakat yang ingin mudik atau berlebaran untuk selalu berhati-hati, terutama bagi pemudik yang melewati jalur rawan bencana.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik atau berlebaran, kami imbau untuk selalu berhati-hati, terutama bagi yang melewati jalur rawan bencana," kata Yudha.

BMKG terus mengimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu memperbarui informasi cuaca dari BMKG, terutama di daerah-daerah yang akan dilalui pemudik, seperti Sitinjau Lawik, Bungus, Lembah Anai, Palupuah, dan Malalak.

"Selain itu, pemudik juga dapat memanfaatkan Pos Pengamanan yang telah disediakan untuk beristirahat. Polda Sumbar sudah menyiapkan 91 unit pos pengamanan selama mudik lebaran tahun ini," pungkas Yudha. (*/Yh)

Baca Juga

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Minangkabau Padang Pariaman, memprakirakan kondisi cuaca sepekan ke depan di Sumatra Barat akan diwarnai
BMKG Prakirakan Sumbar Diguyur Hujan Lebat Disertai Petir Sepekan ke Depan
Selama Maret 2024, terdapat 105 kali kejadian gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Frekuensi gempa terbesar
BMKG: 105 Kali Gempa Terjadi di Sumbar Selama Maret 2024
Sebanyak 39 kali gempa terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama periode 22-28 Maret 2024. Selama periode ini
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pesisir Selatan Sore Ini
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Sebanyak 15 kali gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat selama periode 20-26 Oktober 2023. Dari 15 kali tersebut terdapat 1 kali gempa bumi yang dirasakan.
Periode 20-26 Oktober 2023: 15 Gempa Terjadi di Sumbar
Sebanyak 65 kali kejadian gempa bumi terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) sepanjang Agustus 2023. Terdapat dua gempa
Sepanjang Agustus 2023, Sumbar Diguncang 65 Kali Gempa Bumi