BI Catat Realisasi Penukaran Uang Baru di Sumbar Capai 98 Persen

BI Catat Realisasi Penukaran Uang Baru di Sumbar Capai 98 Persen

Uang rupiah baru tahun emisi 2022. (Foto: bi.go.id)

Langgam.id - Bank Indonesia mencatat realisasi penukaran uang baru untuk persiapan Lebaran di Sumatra Barat sampai 17 April 2023 sudah mencapai 98,16 persen dari total yang disediakan Rp3,12 triliun.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Endang Kurnia Saputra menyebutkan animo masyarakat untuk menukarkan uang pecahab baru guna kebutuhan Lebaran cukup tinggi.

"Sampai 17 April, realisasi penukaran uang baru sudah mencapai 98,16 persen dari yang disediakan Bank Indonesia sebanyak Rp3,12 triliun, atau Rp3,05 triliun," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (18/4/2023).

Ia merinci penukaran uang baru itu, sebanyak Rp3 triliun lewat penarikan di seluruh cabang bank yang ada di sumbar, penukaran masyarakat Rp18 miliar, dan lewat kas keliling Rp36 miliar.

Endang optimistis dengan sisa penukaran pada hari ini, kebutuhan uang yang disediakan BI memenuhi dan terserap sesuai target. Kalaupun masih kurang, imbuhnya, BI akan menambah sesuai kebutuhan.

Menurutnya penukaran uang Bank Indonesia selama Ramadan tahun ini dilakukan di 189 titik layanan di seluruh Sumbar pada 23 Maret hingga 18 April 2023. Sebanyak 25 titik layanan di dalam Kota Padang, delapan layanan di kabupaten dan kota dengan berkolaborasi dengan perbankan. Serta 156 titik penukaran di seluruh kantor cabang bank.

Adapun, estimasi penukaran uang di Sumbar mencapai 23.000 orang. Bank Indonesia Sumbar juga berkolaborasi dengan lima bank selama Ramadan, yakni dengan BRI, BNI, BSI, Bank Nagari, dan Bank Mandiri. (*/FS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Satu jemaah haji kloter 5 Embarkasi Padang yang berasal dari Padang Panjang atas nama Nursiah (84) ditunda keberangkatan ke Tanah Suci
Masih Dirawat, Satu Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Padang Ditunda Berangkat
Akademisi Fateta se-Indonesia Berkumpul di Padang Seminarkan Daya Saing Produk Unggulan Lokal
Akademisi Fateta se-Indonesia Berkumpul di Padang Seminarkan Daya Saing Produk Unggulan Lokal
Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade meminta manajemen PT Garuda Indonesia segera mencari solusi terbaik terkait nasib 80 mantan pilot
Andre Rosiade Perjuangkan Nasib 80 Eks Pilot Garuda
Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani mengatakan, menjelang pembukaan pergelaran Penas Tani XVI di Kota Padang
Penas Tani Dibuka Besok: Presiden, 4 Menteri dan Para Gubernur Dijadwalkan Hadir di Padang
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau pabrik Rendang Bella Food di Plovdiv Bulgaria. Kunjungan Sandiaga di pabrik rendang di Bulgaria ini
Menparekraf Sandiaga Tinjau Pabrik Rendang di Bulgaria, Per Bulan Produksi 30 Ton
Seorang jemaah haji kloter 5 asal Padang Panjang bernama Nursiah Binti Said Kundu (84) dirujuk ke RSUP M Djamil Padang pada Kamis sore
Kelelahan, Satu Jemaah Haji Asal Padang Panjang Dirujuk ke RSUP M Djamil