Bawa 1 Kg Sabu dari Aceh Menuju Jambi, 2 Kurir Ditangkap di Dharmasraya

Tahanan Rutan Dianiaya | ILUSTRASI PENJARA Narapidana, delapan narapidana

Ilustrasi Sel Tahanan (Foto: ShutterStock)

Langgam.id - Polda Sumbar membongkar peredaran narkoba di Sumatra. Para pelaku ditangkap saat melintas di Dharmasraya hendak menuju Jambi.

"Adanya pendistribusian yang diduga narkotika jenis sabu dari Provinsi Aceh menuju Jambi yang melewati Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumbar," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Satake Bayu dalam keterangannya, Rabu (19/8/2020).

Penangkapan itu berawal dari adanya laporan yang menyebut pelaku akan melintas di Dharmasraya menggunakan mobil. Setelah dilakukan pengintaian dan penggeledahan di Jalan Lintas Sumatra KM 200, polisi mendapati satu paket sabu seberat 1 kilogram.

Baca juga: Polda Sumbar Ringkus Pengedar Sabu Lintas Provinsi di Sijunjung

"Didapati 1 paket narkoba jenis sabu di bungkus plastik warna bening dan dibungkus lagi dengan plastik warna kuning merk Guanyinwang yang dibalut kain warna hitam," ucapnya.

Polisi juga langsung menangkap dua tersangka yang berperan sebagai kurir yakni ZK (26) dan MY (24). Keduanya mengaku mendapat bayaran Rp 25 juta dari pemilik paket sabu.

"Dari hasil interogasi terhadap kedua TSK, barang bukti narkotika jenis sabu tersebut milik inisial Z alias 0 yang berdomisili di Provinsi Aceh, kedua pelaku di suruh membawa sabu tersebut dari Aceh untuk diserahkan kepada seorang laki-laki inisial T di daerah Pelayangan Kabupaten Muaro Bungo Jambi dengan upah Rp 25 juta," ungkapnya.

Selain menangkap kedua tersangka, polisi juga menyita 5 handphone milik kedua kurir itu. Mereka kini ditahan di Polda Sumbar dan diancam Pasal 114 ayat (2) sub Pasal 112 ayat (2) jo Pasal 132 ayat ( 1 ) UU RI no 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. (*/ABW)

Baca Juga

Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Agam menangkap seorang pria berinisial MSH (32) yang merupakan pelaku penyalahgunaan narkotika jenis sabu
Seorang Pria Ditangkap di Agam, 4 Paket Sabu Diamankan
Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Solok Kota pada Kamis (18/7). Sertijab ini
Jabatan Kapolres Solok Kota Berganti, Kini Dijabat AKBP Abdus Syukur Felani
Polda Sumbar melaksanakan apel pengamanan dalam rangka pemungutan suara ulang (PSU) untuk DPD RI pada Sabtu pagi (13/7/2424) di halaman
Pastikan Kelancaran PSU DPD, Polda Sumbar Gelar Apel Pengamanan
Ditresnarkoba Polda Sumbar berhasil mengungkap kasus narkotika jenis ganja yang akan diedarkan di Sumatra Barat jaringan Penyabungan.
Polda Sumbar Gagalkan Peredaran 48 Kg Ganja Jaringan Penyabungan, 4 Pelaku Ditangkap
Koalisi Advokat Anti Penyiksaan melaporkan kasus dugaan penyiksaan yang dilakukan oleh anggota kepolisian terkait kematian bocah 13 tahun,
Kematian AM Diduga Disiksa Oknum Polisi, Koalisi Advokat Lapor ke Propam Polda Sumbar
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi
Investigasi LBH Padang: Meninggalnya Bocah Malang AM di Batang Kuranji Diduga Disiksa Polisi