Apakah YoWhatsapp Aman Digunakan tanpa Risiko?

Apakah YoWhatsapp Aman Digunakan tanpa Risiko?

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

Ada banyak aplikasi yang telah dimodifikasi dari versi aslinya, salah satu yang kita bahas kali ini adalah Yo Whastaspp. Aplikasi ini juga sering disebut dengan YoWhatsApp oleh sebagian penggunanya. Apapun sebutannya tidak mengubah kelebihan yang dimiliki.

Adapun kelebihan yang dimaksud yakni dari banyaknya fitur yang disediakan. Aplikasi ini gratis, namun ada banyak fitur sebagai keunggulannya. Misalnya saja download status pengguna lain, jatah pengiriman file lebih besar, dan bisa menyembunyikan status online.

Namun sayang, dibalik kelebihan tersebut ternyata ada beberapa kekurangan yang perlu diwaspadai. Ada banyak situs yang telah membahas kekurangan ini, salah satunya adalah rsudsitiaisyah-lubuklinggau.co.id. Semua situs menganggap bahwa ada risiko yang perlu diperhatikan.

Rawan Virus

Risiko menggunakan Yo Whatsapp yang pertama adalah rentan terhadap virus. Aplikasi ini tidak resmi, jadi kamu tidak bisa mendapatkannya di Playstore atau Appstore. Karena itulah sangat rawan terhadap virus karena tidak ada proteksi dari Toko Aplikasi tersebut.

Bukan rahasia umum jika virus dapat merusak HP, baik perangkat lunak maupun perangkat keras. Virus ini sifatnya menyebar, jadi jika tidak segera diatasi dapat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Bahkan bisa jadi HP kamu tidak lagi bisa beroperasi seperti biasa.

Mudah Kemasukan Malware

Selain virus, risiko menggunakan Yo WA atau modifikasi lainnya adalah mudah sekali kemasukan malware. Banyak yang menganggap bahwa virus dan malware merupakan penyakit yang sama, padahal jauh berbeda.

Seperti yang dijelaskan diatas, virus bisa menyebabkan perangkat rusak. Tidak demikian dengan malware, karena pada umumnya lebih menyerang pada data yang tersimpan di HP. Jika kamu menyimpan data penting seperti rekening dan akun dompet digital, sebaiknya tidak menggunakan aplikasi ini.

Banyak Iklan Muncul

Selanjutnya bukan atau bahaya yang ditimbulkan ketika menggunakan WA mod apk, melainkan kerugian dan kelemahannya. Menggunakan versi asli dijamin tidak ada iklan yang bakal muncul, karena pengembang tidak menempatkan iklan apapun pada aplikasinya.

Berbeda dengan YoWhatsapp, ada banyak iklan yang bermunculan ketika digunakan. Adanya iklan ini memang tidak merugikan atau merusak HP, namun dijamin kamu bakal terganggu. Apalagi jika intensitasnya lumayan sering, pasti akan semakin terganggu.

Kebocoran Data

Apakah kamu mengetahui bahwa bisa saja chat yang kamu lakukan dengan aplikasi modifikasi ini bisa diketahui orang lain? Inilah yang dinamakan kebocoran data, privasi kamu jadi tidak aman. Biasanya, pengembang yang tidak bertanggung jawab sengaja membobol aplikasi yang dibuatnya untuk kepentingan tertentu.

Dari semua penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa Yo Whatsapp termasuk aplikasi yang tidak aman karena ada banyak risiko. Namun demikian, sebenarnya ada cara supaya lebih aman meski tidak menjamin 100%. Misalnya scan aplikasi sebelum dipasang atau menggunakan sewajarnya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Tag:

Baca Juga

Cara Download Status WA di GB WhatsApp
Cara Download Status WA di GB WhatsApp
Cara Ganti Type Font di WA GB Apk
Cara Ganti Type Font di WA GB Apk
Langgam.id-Asus
Asus Launching ROG Corner di J-Bros Padang
kayu kuat
Ilmuwan Temukan Teknik Pengolahan Kayu 23 Kali Lebih Kuat, Bisa Dibuat Jadi Pisau dan Paku
kebiasaan berbahaya untuk laptop
Sering Disepelekan, Ini Kebiasaan Buruk yang Berbahaya untuk Laptop
Mata minus dapat menghambat aktivitas, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah permasalahan mata minus pada anak.
3 Cara Mencegah Mata Minus pada Anak