9 Juli 2019, KPU Sumbar Jawab Gugatan Parpol di MK

Langgam.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat (Sumbar) dijadwalkan akan bersidang untuk menjawab sejumlah gugatan partai politik (parpol) yang mengikuti pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Mahkamah konstitusi (MK) Selasa (9/7/2019), pekan depan.

Komisioner KPU Sumbar Izwaryani mengatakan, gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres telah selesai. Kini saatnya MK menangani gugatan hasil pileg 2019 yang sidangnya dijadwalkan berlangsung mulai 9 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Saat ini, lanjut Izwaryani, proses gugatan PHPU pileg untuk Sumbar masih dalam tahap pencatatan di Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) MK. Setelah tercatat dalam BRPK, KPU Sumbar nantinya akan dimintai jawaban sebagai termohon.

"Jadi, kita baru diminta jabawan sebagai termohon. Paling lambat tanggal 9 menyampaikan jawaban," kata Izwaryani saat dihubungin langgam.id, Selasa (2/7/2019).

Dalam penyampaian jawaban nanti, terangnya, KPU Sumbar melalui tim pengacara akan memberikan penjelasan kronologis tentang apa yang dipermasalahkan oleh parpol, yakni tentang selisih suara yang menurut parpol tidak sesuai dengan yang sebenarnya. "Nanti lawyer yang menyusun jawaban ke MK," katanya.

Sedikitnya, ada empat kabupaten kota ditambah dengan KPU Sumbar yang menjadi lokasi gugatan parpol. Rincinya, Partai Demokrat di Sijunjung, PAN di Agam dan Pesisir Selatan dan partai Nasdem di Kota Padang. Kemudian untuk KPU Sumbar ada gugatan dari Partai PPP untuk DPRD provinsi, PDIP dan berkarya untuk pemilihan DPR RI.

Menurut Izwaryani KPU dari empat kabupaten kota tersebut nantinya akan diikutkan dalam persidangan di MK nanti. "KPU kabupaten kota yang terkena lokus akan dilibatkan nanti, karena kadang diminta menjadi saksi atau dimintai keterangan soal apa yang dipermasalahkan," ujarnya. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Rekapitulasi di Kecematan Dihentikan, Komisi II DPR RI Minta KPU Jelaskan ke Publik
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka acara tabligh akbar peringatan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dan doa bersama jelang Pemilu
Dongkrak Partisipasi Pemilih, Gubernur Sumbar Ajak ASN Sosialisasi Pemilu 2024
Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi
Profil Khairul Fahmi Panelis Debat Capres, Alumni MTI Canduang hingga Eks Ketua PBHI Sumbar
abdullah ahmad
Minta KPU Segera Selesaikan Masalah Dugaan Kebocoran Data, Guspardi Gaus Khawatirkan Hasil Pemilu Rentan Dimanipulasi
KPU Didesak Diskualifikasi Parpol Tak Penuhi Minimal 30 Persen Caleg Perempuan
KPU Didesak Diskualifikasi Parpol Tak Penuhi Minimal 30 Persen Caleg Perempuan