2020, Pemkab Mentawai Optimis Pengembangan Bandara Rokot Tuntas

BANDARA ROKOT

Kawasan Bandara Rokot, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai optimis pengembangan Bandara Rokot, Kecamatan Sipora Selatan jadi Tahun ini. Diketahui, anggaran senilai Rp450 miliar siap dikucurkan Pemerintah Pusat.

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyebutkan, persoalan pembebasan lahan akan diupayakan bulan ini.

“Kita berikan tenggat kepada pihak terkait intuk segera menyelesaikan persoalan lahan hingga akhir Januari 2020,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Minggu (26/1/2020).

Menurut Yudas, Pemkab saat ini sudah mati-matian berjuang untuk pembangunan lapangan terbang. Setelah lapangan terbang selesai, kata Yudas, itu pesawat jenis ATR sudah bisa mendarat di Bandara Rokot.

“Kalau sudah selesai lapangan terbang, itu sudah bisa dari Mentawai terbang ke  Batam, dari Mentawai sudah bisa langsung ke Pekanbaru, bisa langsung ke Bengkulu, ke Lampung, ke Bali, kalau bisa langsung ke Jakarta, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya.

Lalu, terkait pengembangan landasan pacu, dari semula 800 meter, akan dikembangkan menjadi 1.600 meter.

“Di Nias saja sekarang sudah ada pesawat dari Jakarta menuju Nias, kenapa kita di Mentawai tidak bisa, minimal ATR sudah bisa. Nah, kalau itu terjadi, banyangkan Mentawai semakin cepat keluar dari status daerah 3T,” jelasnya.

Sebetulnya, kata Yudas, persoalan lahan tidak ada lagi, hanya saja ada beberapa orang lagi yang  belum menerima keputusan ganti rugi.

Pihak terkait, katanya, sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Ada sekitar 12 orang lagi yang belum selesai, tetapi kita sudah cari jalan keluarnya lewat lembaga-lembaga resmi. Sekarang sudah masuk proses untuk mengantisipasi anggaran tersebut tidak lepas ke daerah lain, saya pasang badan, kita optimis sertifikat lahan bisa terkejar akhir bulan Januari ini,” katanya. (*/ZE)

Baca Juga

Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta
Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta
Gapopin Sumbar Bagikan 300 Kacamata Gratis di Mentawai
Gapopin Sumbar Bagikan 300 Kacamata Gratis di Mentawai
Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Harapkan Kunjungan Wisatawan Meningkat
Resmikan Bandara Mentawai, Jokowi Harapkan Kunjungan Wisatawan Meningkat
Juara I ADWI 2023, Berikut Pesona Desa Muntei Mentawai
Juara I ADWI 2023, Berikut Pesona Desa Muntei Mentawai
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melakukan kunjungan kerja selama dua hari di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Bakal Diresmikan Presiden, Gubernur Sumbar Tinjau Kesiapan Bandara Rokot Mentawai
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan
Selesai Dibangun, Bandara Baru di Mentawai Siap Dioperasikan Tahun Ini