2020, Pemkab Mentawai Optimis Pengembangan Bandara Rokot Tuntas

BANDARA ROKOT

Kawasan Bandara Rokot, Kabupaten Kepulauan Mentawai (Foto: Zulfikar/Langgam.id)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Mentawai optimis pengembangan Bandara Rokot, Kecamatan Sipora Selatan jadi Tahun ini. Diketahui, anggaran senilai Rp450 miliar siap dikucurkan Pemerintah Pusat.

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyebutkan, persoalan pembebasan lahan akan diupayakan bulan ini.

“Kita berikan tenggat kepada pihak terkait intuk segera menyelesaikan persoalan lahan hingga akhir Januari 2020,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langgam.id, Minggu (26/1/2020).

Menurut Yudas, Pemkab saat ini sudah mati-matian berjuang untuk pembangunan lapangan terbang. Setelah lapangan terbang selesai, kata Yudas, itu pesawat jenis ATR sudah bisa mendarat di Bandara Rokot.

“Kalau sudah selesai lapangan terbang, itu sudah bisa dari Mentawai terbang ke  Batam, dari Mentawai sudah bisa langsung ke Pekanbaru, bisa langsung ke Bengkulu, ke Lampung, ke Bali, kalau bisa langsung ke Jakarta, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya.

Lalu, terkait pengembangan landasan pacu, dari semula 800 meter, akan dikembangkan menjadi 1.600 meter.

“Di Nias saja sekarang sudah ada pesawat dari Jakarta menuju Nias, kenapa kita di Mentawai tidak bisa, minimal ATR sudah bisa. Nah, kalau itu terjadi, banyangkan Mentawai semakin cepat keluar dari status daerah 3T,” jelasnya.

Sebetulnya, kata Yudas, persoalan lahan tidak ada lagi, hanya saja ada beberapa orang lagi yang  belum menerima keputusan ganti rugi.

Pihak terkait, katanya, sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat.

“Ada sekitar 12 orang lagi yang belum selesai, tetapi kita sudah cari jalan keluarnya lewat lembaga-lembaga resmi. Sekarang sudah masuk proses untuk mengantisipasi anggaran tersebut tidak lepas ke daerah lain, saya pasang badan, kita optimis sertifikat lahan bisa terkejar akhir bulan Januari ini,” katanya. (*/ZE)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Deputi Kemenko Polhukam Gelar Rapat di Korem 032 Terkait Info Penjualan Pulau di Mentawai
Langgam.id - Wagub Sumbar, Audy Joinaldy tunggangi Jetski untuk antarkan bantuan senilai Rp12 miliar bagi guru di daerah 3T.
Pemprov Sumbar Salurkan Insentif untuk 400 Guru di Mentawai, Masing-masing Dapat Rp30 Juta
Langgam.id - Kapal MV Mentawai Fast kini hadir untuk moda transportasi antar pulau di Kabupaten Kepualauan Mentawai, Sumatra Barat (Sumbar).
Percepat Jarak Tempuh, Mentawai Fast Kini Layani Rute Antar Pulau
Langgam.id - Pj Bupati Mentawai melarang Organisasi Prangkat Daerah (OPD) di daerahnya menggelar pelatihan datau diklat di Kota Padang.
Pj Bupati Mentawai Larang OPD Gelar Pelatihan atau Diklat di Padang
Langgam.id - Tenda darurat yang digunakan untuk belajar sementara siswa SD 11 di Simalegi Mentawai ambruk diterjang angin kencang.
Bangunan Roboh Akibat Gempa, Kini Tenda Darurat Pelajar SD di Simalegi Ambruk Diterjang Angin Kencang
Langgam.id - PMKRI menggelar seminar nasional untuk membahas Undang-undang Nomor: 17 tahun 2022 di Mentawai, Minggu (30/10/2022).
PMKRI Gelar Seminar Menyoal UU Sumbar, Ini Kata Pj Bupati Mentawai