Diduga Ikut Kampanye, Bawaslu Padang Panggil 2 ASN

Diduga Ikut Kampanye, Bawaslu Padang Panggil 2 ASN

Kantor Bawaslu Padang di jalan Batang Kasang Alai Parak Kopi Padang.

Langgam.id- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang, memanggil dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk mengklarifikasi soal dugaan pelanggaran pemilu. Para ASN tersebut berinisial AF dan NV.

Anggota Bawaslu Padang Firdaus Yusri, mengatakan, AF merupakan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Padang. Sedangkan NV adalah guru di Kota Padang.

"Mereka diduga melakukan pelanggaran dengan cara yang berbeda-beda," ujarnya di kantor Bawaslu Padang, Selasa (16/4).

Kata dia, AF diduga berkampanye di akun Facebook, dengan postingan salah satu pasangan calon. Foto profil akunnya juga gambar salah seorang capres.

Firdaus mengatakan, laporan dugaan pelanggaran itu diterima Bawaslu, melalui pesan WhatsApp. Kemudian dilakukan investigasi dan terbukti AF merupakan seorang dosen di perguruan tinggi di Kota Padang.

"Kami sudah layangkan surat dan yang baru hadir itu adalah ketua jurusan di tempat beliau mengajar, informasi memang sedang tugas belajar. Jadi kami masih menunggu keterangan dari yang terlapor hari ini," katanya.

Sedangkan NV, kata Firdaus, diduga ikut menggerakan masyarakat untuk hadir dalam kampanye salah satu pasangan capres. Namun dari hasil investigasi awal di lapangan, yang bersangkutan membantah dan berkilah.

Meski membantah, Bawaslu Padang tetap memanggil yang bersangkutan, untuk dimintai klarifikasi. Sesuai prosedur yang berlaku.

"Nah karena ini adalah sebuah hal yang harus kami lakukan penanganan pelanggarannya, maka kami tetap harus meminta klarifikasi kepada yang bersangkutan. Apabila memang dari kajian kami memenuhi pelanggaran pemilu, maka kami berikan rekomendasi ke Komisi ASN, karena ikut melanggar pemilu, tetapi kami tunggu klarifikasi dulu,"ujarnya. (Rahmad)

Baca Juga

Bersama Bawaslu, Satpol PP Padang Turunkan 200 Personel Tertibkan APK Selama Masa Tenang
Bersama Bawaslu, Satpol PP Padang Turunkan 200 Personel Tertibkan APK Selama Masa Tenang
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Guspardi Gaus Soroti Maraknya Pelanggaran Netralitas ASN, Bawaslu Mesti Tegas
Hadapi Pemilu 2024, Bawaslu Padang Segera Umumkan 33 Panwascam
Bawaslu Padang Rekrut 2.861 Pengawas TPS untuk Pemilu 2024
Bawaslu Padang menggelar Penguatan Kapasitas dan Manajemen Pengetahuan Saksi Peserta Pemilu Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di
Bawaslu Padang Gelar Penguatan Kapasitas dan Manajemen Pengetahuan Saksi Peserta Pemilu 2024
Bawaslu Kota Padang menggelar Rapat Kerja Teknis Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik Pemilu Tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan
Bawaslu Padang Gelar Raker Teknis Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Logistik Pemilu 2024
Bawaslu mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Administrasi, Kesekretariatan, Kearsipan dan Keuangan Panwaslu se-Kota Padang
Bawaslu Padang Gelar Bimtek Pengelolaan Administrasi Kesekretariatan, Kearsipan dan Keuangan Panwaslu