Diduga Ikut Kampanye, Bawaslu Padang Panggil 2 ASN

Diduga Ikut Kampanye, Bawaslu Padang Panggil 2 ASN

Kantor Bawaslu Padang di jalan Batang Kasang Alai Parak Kopi Padang.

Langgam.id- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang, memanggil dua orang Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk mengklarifikasi soal dugaan pelanggaran pemilu. Para ASN tersebut berinisial AF dan NV.

Anggota Bawaslu Padang Firdaus Yusri, mengatakan, AF merupakan seorang dosen di salah satu perguruan tinggi di Padang. Sedangkan NV adalah guru di Kota Padang.

"Mereka diduga melakukan pelanggaran dengan cara yang berbeda-beda," ujarnya di kantor Bawaslu Padang, Selasa (16/4).

Kata dia, AF diduga berkampanye di akun Facebook, dengan postingan salah satu pasangan calon. Foto profil akunnya juga gambar salah seorang capres.

Firdaus mengatakan, laporan dugaan pelanggaran itu diterima Bawaslu, melalui pesan WhatsApp. Kemudian dilakukan investigasi dan terbukti AF merupakan seorang dosen di perguruan tinggi di Kota Padang.

"Kami sudah layangkan surat dan yang baru hadir itu adalah ketua jurusan di tempat beliau mengajar, informasi memang sedang tugas belajar. Jadi kami masih menunggu keterangan dari yang terlapor hari ini," katanya.

Sedangkan NV, kata Firdaus, diduga ikut menggerakan masyarakat untuk hadir dalam kampanye salah satu pasangan capres. Namun dari hasil investigasi awal di lapangan, yang bersangkutan membantah dan berkilah.

Meski membantah, Bawaslu Padang tetap memanggil yang bersangkutan, untuk dimintai klarifikasi. Sesuai prosedur yang berlaku.

"Nah karena ini adalah sebuah hal yang harus kami lakukan penanganan pelanggarannya, maka kami tetap harus meminta klarifikasi kepada yang bersangkutan. Apabila memang dari kajian kami memenuhi pelanggaran pemilu, maka kami berikan rekomendasi ke Komisi ASN, karena ikut melanggar pemilu, tetapi kami tunggu klarifikasi dulu,"ujarnya. (Rahmad)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Berita Dharmasraya - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Menurut Sutan Riska, NU Ormas Islam yang menganut jalan tengah dan lurus.
ASN di Dharmasraya Diperintahkan Aktif Sukseskan MTQ Tingkat Kabupaten
Langgam.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang mensosialisasikan peraturan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024.
Bawaslu Padang Sosialisasi Peraturan Pengawasan Penyelanggaraan Pemilu 2024
Langgam.id - Melalui berbagai program, Bank Nagari mengajak pensiuanan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Sawahlunto untuk tetap produktif.
Bank Nagari Tawarkan Dukungan untuk Pensiunan ASN di Sawahlunto Buka Usaha
Langgam.id - Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengeklaim bahwa ia berhasil mengubah pola pikir ASN di daerah yang ia pimpin.
Eka Putra Klaim Pola Pikir ASN Tanah Datar Lebih Baik Sejak Ia Memimpin
Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang memberikan hadiah umarah untuk 44 Aparatur Sipil Negara (ASN) berprestasi.
Pemko Padang Umrahkan 44 ASN Berprestasi dengan Dana Hibah
Langgam.id - Pencatutan identitas warga tanpa izin dan didaftarkan sebagai anggota Parpol marak terjadi di Indonesia menjelang Pemilu 2024.
Komisioner KPU, ASN hingga PPNPN Terdaftar sebagai Anggota Parpol di Sumbar