14 Perwakilan Negeri Sembilan Jelajah Budaya ke Ranah Minang

14 Perwakilan Negeri Sembilan Jelajah Budaya ke Ranah Minang

Gubernur Sumbar Mahyeldi menyambut rombongan dari Negeri Sembilan. (Foto: Diskominfo Sumbar/sumbarprov.go.id)

Langgam.id - Sebanyak 14 perwakilan Kerajaan Negeri Sembilan, Malaysia mengunjungi Ranah Minang pekan ini. Rombongan tersebut berkunjung ke sejumlah tempat di Sumatra Barat untuk jelajah budaya Minangkabau.

Tim yang tergabung ke dalam Jelajah Keilmuan Ahli Lembaga Pengarah Lembaga Muzium Negeri Sembilan tersebut mengunjungi Sumbar pada 14-17 Juli 2022 ini.

"Kami datang untuk mencari dan memperbanyak dasar dan wawasan tentang adat istiadat," kata Setiausaha Kerajaan Negeri Sembilan Dato' Dr. Razali bin Ab Malik yang ikut dalam rombongan.

Dinas Komunikasi dan Informasi Sumbar dalam rilisnya menyebut rombongan tersebut salat Jumat bersama dengan Gubernur Mahyeldi di Masjid Raya Sumbar, Jumat (15/7/2022).

Gubernur menyambut tim tersebut dan mengucapkan selamat datang. "Antara Negeri Sembilan dengan Minangkabau memang serumpun dan hubungan sudah terbangun sejak lama. Semoga ke depan semakin erat lagi," kata Mahyeldi.

Menurut Dato Razali, banyak hal positif yang bisa diambil dalam perjalanan ke Ranah Minang terkait falsafah Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah

Perjalanan ke Sumbar, menurutnya, berguna untuk memperkaya khazanah kebudayaan Negeri Sembilan khususnya tentang adat perpatih yang masih dilestarikan dengan baik di Negeri Sembilan.

"Saat ini, Adat Perpatih diajarkan di sekolah-sekolah dan juga ada hari adat. Karena itulah kami datang untuk mencari dan memperbanyak dasar dan wawasan tentang adat istiadat, sebab," kata Razali.

Di ranah, rombongan dari Negeri Sembilan antara lain mengunjungi Museum Adityawarman di Padang, Istano Basa Pagaruyuang di Tanah Datar, serta sejumlah tempat di Bukittinggi.

Kepada para tamu, gubernur menyampaikan sedikit gambaran tentang kondisi Sumbar dengan berbagai keunggulan alam dan budaya serta mayoritas orang Minangkabau tapi juga hidup berdampingan dengan beragam suku-suku lainnya.

Mahyeldi juga menyebut soal rencana dibukanya kembali penerbangan internasional dari Kuala Lumpur dan Singapura ke Bandara Internasional Minangkabau (BIM) yang ditutup akibat pandemi Covid-19.

"Kami sudah MoU dengan Air Asia dan mohon support juga dari pelancongan Malaysia, mudah-mudahan penerbangan internasional bisa dibuka segera untuk mendukung Visit Beautiful West Sumatera 2023," kata gubernur.

Dato Razali berharap terus terjalin kerja sama dengan Pemprov Sumbar. "Apalagi kalau penerbangan dari KL nanti sudah dibuka, tentu akan sering kami ke Sumbar ataupun sebaliknya. Sebab lebih dekat dan murah," kata Dato' Razali. (*/SS)

---

Dapatkan update berita Adat Minang - Sumatra Barat terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Kantor Wali Nagari di Padang Pariaman Disegel Warga, Buntut Dugaan Asusila Sesama Jenis
Pendirian Kabupaten Agam Tuo Menanti Klarifikasi Data Provinsi
Pendirian Kabupaten Agam Tuo Menanti Klarifikasi Data Provinsi
Diduga sebagai pelaku penggelapan kendaraan sepeda motor, pasangan suami istri ditangkap Tim Opsnal Satreskrim Polres Agam.
Diduga Gelapkan Sepeda Motor, Pasutri Ini Ditangkap Polres Agam
Jalan Provinsi di 7 Pintu Masuk Tanah Datar Rusak, Bupati Eka Temui Bina Marga
Jalan Provinsi di 7 Pintu Masuk Tanah Datar Rusak, Bupati Eka Temui Bina Marga
Gempa dengan magnitudo 4,6 mengguncang Air Haji, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) pada Senin (22/4/2024) sekitar pukul
Gempa M4,6 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Aktivitas Sesar Lokal
Polisi menangkap M Rizki Kurniawan (24), pelaku pembegalan seorang mahasiswa di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) bernama Kristal Iman
Pria di Padang Begal Pengendara Motor, Beraksi Sama Mantan Istri