10 Universitas Terbaik di Sumbar 2021 Versi UniRank

Universitas terbaik sumbar

Ilustrasi universitas [canva]

Langgam.id - World University Ranking (UniRank) telah merilis daftar universitas terbaik di Sumatra Barat (Sumbar) 2021.

UniRank adalah lembaga pemeringkatan universitas dunia yang mengukur popularitas perguruan tinggi berdasarkan keterkenalan atau popularitas website yang dimiliki sebuah perguruan tinggi.

Di Indonesia, UniRank memberi peringkat kepada 577 perguruan tinggi yang memenuhi syarat. Syarat tersebut antara lain telah diakui dan terakreditasi oleh lembaga pendidikan tinggi Indonesia.

Perguruan tinggi menawarkan setidaknya pendidikan jenjang S1, atau pendidikan jenjang S2, dan S3. Serta memberikan pembelajaran formal baik dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan daring

Berikut ini 10 universitas terbaik di Sumbar 2021 versi UniRank

1. Universitas Andalas

Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Pada saat itu, Unand adalah universitas keempat yang diresmikan oleh Pemerintah Indonesia.

Universitas Andalas (Unand) terdiri dari lima belas fakultas dengan kampus utama di Limau Manis, Padang. Terdapat pula kampus-kampus lain di Padang, Payakumbuh, dan Dharmasraya. Saat ini Unand berada di peringkat 22 universitas terbaik di Indonesia.

2. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) berdiri pada 23 Oktober 1954. Saat ini UNP berada di peringkat 37 nasional.

Pada 2011, UNP menjadi salah satu dari 28 perguruan tinggi negeri lainnya yang dinobatkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai 50 perguruan tinggi yang paling menjanjikan di Indonesia.

3. Universitas Bung Hatta

Universitas Bung Hatta (UBH) didirikan pada 20 April 1981 di bawah naungan Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara. Lokasi kampus pusat berada di Jalan Sumatra, Ulak Karang, Kota Padang. Saat ini UBH berada di peringkat 126 se-Indonesia dan menjadi universitas swasta terbaik di Sumbar.

4. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN IB) sebelumnya bernama Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN IB) adalah perguruan tinggi Islam negeri di Kota Padang.

Nama Imam Bonjol adalah seorang ulama dan pahlawan nasional yang berasal dari Sumatra Barat (Sumbar). Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 35 tahun 2017, IAIN Imam Bonjol resmi berubah menjadi UIN Imam Bonjol.

5. Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat

Universitas Muhammadiyah Sumatra Barat (UM Sumbar) merupakan salah satu universitas swasta tertua di Sumbar yang telah berdiri sejak 18 November 1955.

UM Sumbar memiliki kampus yang tersebar di 4 kota, yakni Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, dan Payakumbuh. Saat ini UM Sumbar berada di peringkat 216 universitas terbaik di Indonesia berdasarkan UniRank.

Baca juga: 5 Universitas Swasta Terbaik di Sumatra Barat Versi UniRank, Termasuk UM Sumbar

6. Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang didirikan pada tahun 1985 oleh Herman Nawas melalui Yayasan Pendidikan Tinggi Komputer Padang (YPTK Padang).

Berada di peringkat 247 se-Indonesia, UPI YPTK Padang saat ini telah memiliki tujuh fakultas dan dua program pasca sarjana.

7. Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang didirikan pada 22 Desember 1965. Institut ini dibangun berdasarkan  gagasan dari pemuka masyarakat dan para seniman Sumatra Barat untuk menghidupkan serta mengembangkan kebudayaan khususnya masalah kesenian.

8. Universitas Ekasakti

Universitas Ekasakti Padang didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Indonesia (YPTI) pada April 1973 silam.

Berlokasi di Jalan Veteran Dalam, Padang Pasir, Kota Padang, Universitas Ekasakti saat ini memiliki 7 fakultas

9. Universitas Dharma Andalas

Universitas Dharma Andalas merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah Yayasan Pendidikan Dharma Andalas. Yayasan ini dibentuk oleh Ikatan Alumni Universitas Andalas (Unand).

10. Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah didirikan pada 16 juli 1994 oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dengan Ketua H. Amran.

Universitas Baiturrahmah memiliki satu-satunya fakultas kedokteran gigi swasta di Sumatra dan satu-satunya fakultas kedokteran swasta di Sumatra Barat.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
Erupsi Gunung Marapi, BKSDA Sumbar Pantau Pergerakan Satwa
27 Kali Erupsi, Kolom Abu Gunung Marapi Condong ke Timur-Tenggara
Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru
Respons Pernyataan Presiden, Ini Kata Gubernur Soal Tol Padang-Pekanbaru
Masjid Raya Sumbar Jadi Kawasan Pusat Adat dan Pembelajaran ABS-SBK
Masjid Raya Sumbar Jadi Kawasan Pusat Adat dan Pembelajaran ABS-SBK
Dharmasraya Raih Predikat Kabupaten Terinovatif Nomor Dua di Sumbar
Dharmasraya Raih Predikat Kabupaten Terinovatif Nomor Dua di Sumbar