1.224 Siswa SD dan SMP di Kota Pariaman Dapat Bantuan KPP

1.224 Siswa SD dan SMP di Kota Pariaman Dapat Bantuan KPP

Rapat persiapan penyaluran Kartu Pariaman Pintar oleh Pemko Pariaman dengan BNI. (Foto: dok humas)

Langgam.id - Pemerintah Kota Pariaman memberikan bantuan kepada 1.224 orang siswa tingkat SD dan SMP di daerah itu melalui program Kartu Pariaman Pintar (KPP) guna kebutuhan pendidikan siswa.

Bantuan yang diberikan melalui kartu pintar tersebut adalah senilai Rp900.000 untuk siswa SD dan Rp1.200.000 untuk siswa SMP.

Kemudian, bantuan itu juga diberikan dalam bentuk uang dengan porsi 60 persen, dan 40 persen dalam bentuk peralatan dan kebutuhan sekolah.

Mempercepat penyaluran kartu tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman Hendri, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahrga Kota Pariaman, Kanderi  dan Pimpinan Kantor Cabang Pariaman (KCP) BNI Pariaman Defitrial malakukan rapat koordinasi melalui video conference (vidcon) dengan BNI Pusat di ruang rapat Bappeda Kota Pariaman, Kamis (11/6/2020) lalu.

Hendri mengatakan Pemko Pariaman dan BNI sudah menandatangani kerjasama untuk penyaluran kartu pariaman pintar (KPP) pada Desember 2019 lalu.

"Dalam kerjasama tersebut salah satunya yakni di bidang smart city. Smart city ini di mana kemajuan teknologi yang bisa dimanfaatkan di segala bidang pelayanan, sosial serta pendidikan," ungkapnya.

Pada vidcon tersebut membahas tentang pendidikan melalui Kartu Pariaman Pintar (KPP). Ke depannya, siswa-siswa yang ada di Kota Pariaman dari SD dan SMP akan diberi bantuan dan penyalurannya melalui BNI.

“Pihak BNI telah mengkaji bagaimana prosesnya dan bisa diterapkan di Kota Pariaman karena dananya sudah ada serta murid yang dibantupun dan aplikasinya pun juga sudah ada," ujarnya.

Menurutnya, KPP juga bisa dikembangkan menjadi kartu absensi, kartu pelayanan kesehatan, kartu pelayanan perizinan, serta kebutuhan lainnya, sehingga program smart city salah satunya diwujudkan dengan kemudahan tersebut. (inf/HF)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Komunitas Senyum Anak Nusantara Tanamkan Nilai Pancasila di SDN 057 Air Dingin
Komunitas Senyum Anak Nusantara Tanamkan Nilai Pancasila di SDN 057 Air Dingin
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Dukung GLN, SD Islam Kreatif Makkah Raih Predikat Sekolah Aktif Literasi Nasional
Dukung GLN, SD Islam Kreatif Makkah Raih Predikat Sekolah Aktif Literasi Nasional
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Muhammad Nasir
Antara Yang Sekarang dan Yang akan Datang (Catatan Diskusi Zelfeni Wimra dan Fajar R. Vesky)