Wawako Pariaman Panen Perdana Sayur Hidroponik KWT Jati Hilir

Wawako Pariaman Panen Perdana Sayur Hidroponik KWT Jati Hilir

Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin panen perdana sayur hidroponik. (Foto: dok humas)

Langgam.id - Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin lakukan panen perdana tanaman hidroponik Kelompok Wanita Tani (KWT) Kelurahan Jati Hilir Kota Pariaman, Kamis, (13/8/2020), disaksikan lurah Jati Hilir, Bakri, masyarakat serta KWT Jati Hilir.

Pengembangan tanaman hidroponik, seperti sayur kangkung, sawi dan bayam  oleh KWT ini merupakan binan Pemerintah Kota Pariaman dalam hal ini Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, dalam rangka pemanfaatan lahan perkarangan, lahan-lahan tidur yang gunanya untuk meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyarakat yanga ada di Kota Pariaman, kata Wawako saat di Wawancara Media (MC) Center Kota Pariaman.

Selain tanaman hidroponik KWT ini juga dibantu dengan bibit kacang panjang, cabe rawit, terung, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabe kriting. Sedangkan  tanaman buah yang diberikan yakni nangka mini, eruk madu, lengkeng, jambu kristal dan jambu madu,“ terang Wako.

“Jenis tanaman yang diberikan cukup lengkap untuk menunjang ketahanan pangan dan perkonomian keluarga,  yang dimulai dari sektor kecil individu, keluarga, hingga tingkat daerah, kita berharap program dari KWT ini bisa berkembang terutama dimasa pandemi ini” ulasnya.

Budidaya hidroponik sayur dan buah merupakan langkah kongkret dari upaya membangun ketahanan pangan. Kegiatan tersebut manjadi tempat pemberdayaan perempuan dalam menyediakan sumber pangan bergizi.

"Saya berharap program tersebut terus dijalankan oleh masyarakat sehingga mampu terwujudnya ketahanan pangan di Kota Pariaman, tutup Wawako. (Inf/HFS)

Baca Juga

Jalan Usaha Tani di Nagari Gadut Dibuka untuk Tingkatkan Perekonomian Warga
Jalan Usaha Tani di Nagari Gadut Dibuka untuk Tingkatkan Perekonomian Warga
Sebanyak 48 kepala desa di Kota Pariaman diperpanjang masa jabatannya dari sebelumnya 6 tahun menjadi 8 tahun. Penjabat Wali Kota Pariaman,
Masa Jabatan 48 Kepala Desa di Kota Pariaman Diperpanjang
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Pj Walikota Dorong Perbaikan Mentalitas untuk Kejayaan Pariaman
Tradisi Malamang di Pariaman
Tradisi Mauluik di Pariaman: Memperkuat Nilai Agama dan Sosial
Mengenalkan Energi Terbarukan sebagai Metode Bertani; Mungkin Bisa Membantu Petani di Kaki Bukit Barisan Lepas dari Belenggu Anomali Cuaca
Mengenalkan Energi Terbarukan sebagai Metode Bertani; Mungkin Bisa Membantu Petani di Kaki Bukit Barisan Lepas dari Belenggu Anomali Cuaca
Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka