Warga Sumpur Kudus Sijunjung Terima Rumah Bantuan Program TMMD dari Semen Padang

Warga Sumpur Kudus Sijunjung Terima Rumah Bantuan Program TMMD dari Semen Padang

Warga Sijunjung terima rumah bantuan program TMMD Semen Padang. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id -Netri Mulyati (43), warga Jorong Aur Seriau, Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung, tak kuasa membendung tangisnya tatkala menerima bantuan pembangunan rumah dari PT Semen Padang melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119.

Wanita yang memiliki tiga anak itu menitikkan air mata Bahagia di samping sang suami, Jon Firman (51), ketika menerima kunci rumah barunya yang sebelum dibangun kembali termasuk dalam Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Alhamdullilah kami sekeluarga sangat bersyukur mendapat bantuan pembangunan rumah yang selama ini kita huni. Kami mengucapkan terimakasih kepada PT Semen Padang dan Korem 032/Wirabraja yang telah membantu pembangunan rumah kami,” tutur ibu dari Kayla Apriani Putri, Hanum Putra Ramadhan dan Ragil Puspandaru itu, dikutip Minggu (27/4/2024).

Sebelum dibangun, rumah Netri terbuat dari bahan non-permanen dengan dinding dari triplek dan atap seng yang masih jauh dari kata layak.

Dia mengaku tidak mampu membangun rumah yang telah ditempati selama 10 tahun itu karena tidak mampu secara ekonomi. Sang suami sehari-hari bekerja sebagai petani dan ia sebagai ibu rumah tangga.

Rumah bantuan PT Semen Padang itu berukuran tipe 36, dengan satu kamar tidur dan satu kamar mandi, sementara material dindingnya menggunakan Sepablock (bata interlock Semen Padang), kuda-kuda baja ringan dan atap spandek.

Serah terima rumah bantuan tersebut ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kepala Departemen Komunikasi & Hukum Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis, Kasiter Danrem 032/Wirabraja Kolonel Inf. Indra Padang dan selanjutnya penyerahan kunci kepada pemilik.

Hadir pada penyerahan rumah itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sijunjung Yofritas, Kapolsek Sumpur Kudus Iptu Dedi Kurnia dan Wali Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Abdul Rahman Peto Sori.

Kepala Departemen Hukum & Komunikasi Perusahaan PT Semen Padang Iskandar Z Lubis yang mewakili Direktur Utama PT Semen Padang Indrieffouny Indra dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT Semen Padang sebagai anak perusahaan dari SIG senantiasa berkomitmen menjalankan kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh Kementrian BUMN dengan landasan 4 pilar, yaitu pilar ekonomi, pilar sosial, pilar lingkungan, dan tata kelola. Ke empat pilar tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kesejahteraan masyarakat, yang sejalan dengan tujuan pelaksanaan TMMD.

"Sebagai bentuk dukungan dan peran aktif pada kegiatan TMMD ke-119 tahun anggaran 2024 ini, PT Semen Padang telah mengirimkan bantuan semen ke dua lokasi TMMD di Sumbar, yaitu di Nagari Simpang Tonang Utara Kec Dua Koto Pasaman dan Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan kecamatan Sumpur Kudus, Sijunjung, masing-masing sebanyak 250 zak," katanya.

"Khusus untuk Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan, PT Semen Padang menambah dukungannya dalam perbaikan sasaran fisik dengan turut serta dalam kegiatan perbaikan satu unit Rumah Tidak Layak Huni, yang dalam hal ini menggunakan material sepablock. Dan hasil perbaikan tersebut kita serahterimakan hari ini," sambungnya.

Iskandar juga mengucapkan terima kasih atas atas dukungan semua pihak, sehingga kegiatan perbaikan rumah ini bisa berlangsung dengan aman dan lancar.

Dia berharap, agar rumah bantuan ini dapat bermanfaat bagi warga dalam upaya peningkatan kenyamanan, Kesehatan dan taraf hidup penghuninya. "Kami juga berharap dukungan dari semua pihak agar tetap mempergunakan produk Semen Padang, sehingga PT Semen Padang tetap bertahan dan mampu memberikan yang terbaik
bagi kita semua," pungkasnya.

Kasiter Korem 032/Wirabraja Kolonel Inf. Indra Padang yang membacakan sambutan Danrem 032/Wirabraja Rayen Obersyl mengatakan, pembangunan RTLH ini terlaksana atas kerjasama Korem 032/Wirabraja dengan PT Semen Padang dalam rangka Program TMMD ke-119 Tahun Anggaran 2024.

Pembangunan RTLH ini, merupakan bantuan dari PT Semen Padang untuk masyarakat yang mempunyai lahan sendiri dan tidak memiliki rumah layak huni melalui program CSR-nya yang berkolaborasi dengan Korem 032/Wirabraja.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI dan PT Semen Padang terhadap masyarakat yang membutuhkan, karena TNI dan PT Semen Padang selalu hadir untuk membantu kesulitan masyarakat di sekelilingnya. Semoga pembangunan RTLH ini dapat memberi manfaat dan meningkatkan kesejahteraan Bapak Jon Firman beserta keluarga,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sijunjung Yofritas yang membacakan sambutan Bupati Sijunjung Benny Dwipa Yuswir menyampaikan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Korem 032/Wirabraja yang sudah menunjuk Kabupaten Sijunjung sebagai lokasi TMMD ke-199, sehingga banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat, baik itu pekerjaan infrastruktur, membangun jalan, gorong-gorong, infrastruktur lainnya salah satunya pekerjaan fisik rumah layak huni.

Ia juga menyampaikan terimakasih kepada PT Semen Padang yang telah mengalokasikan dana untuk membangun sebuah rumah yang tidak layak huni menjadi layak huni untuk warga Sijunjung.

Wali Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan Abdul Rahman Peto Sori mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada Korem 032/Wirabraja dan PT Semen Padang yang memberikan manfaat kepada masyarakat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan.

“RTLH ini diprakarsai oleh program TMMD dan dibangun langsung oleh PT Semen Padang dengan menyediakan bahan-bahan dan rumah yang dibangun ini menjadi percontohan oleh kami di Kecamatan Sumpur Kudus khususnya di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan,” ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan perlengkapan sekolah bagi tiga anak pasangan Jon Firman dan Netri Mulyati tersebut. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Sebanyak 1.255 paket sembako dari Gerakan Ekonomi dan Budaya (Gebu) Minang disalurkan dari posko utama ke posko siaga yang berada di empat
1.255 Paket Sembako dari Gebu Minang Disalurkan ke Posko Siaga di Padang Panjang
Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meninjau progres pekerjaan di kawasan Lembah Anai pada Kamis (23/5/2024).
Pengerjaan Jalan di Lembah Anai Ditargetkan Tuntas dan Bisa Dilewati 21 Juli 2024
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah mengumumkan 300 desa wisata terbaik dalam ADWI 2024.
300 Besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia ADWI 2024, 28 di Antaranya dari Sumbar
Pemkab Tanah Datar mengusulkan pembangunan delapan sabo dam untuk mengantisipasi bencana banjir bandang kepada BNPB
Atasi Banjir Lahar Dingin, Pemkab Tanah Datar Usulkan Pembangunan 8 Sabo Dam ke BNPB
Semen Padang Gelar Pelatihan TPK, Pj Wako Andree: Perusahaan yang Peduli Pencegahan Stunting
Semen Padang Gelar Pelatihan TPK, Pj Wako Andree: Perusahaan yang Peduli Pencegahan Stunting