Warga Bukittinggi Positif Covid-19, Seorang Keluarga Diketahui Pulang dari Malaysia

74 Warga Sumbar Positif Terinfeksi Covid-19

Ilustrasi (Foto: freerangestock.com)

Langgam.id – Seorang warga Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar) yang dinyatakan positif Virus Corona (Covid-19) merupakan pasien di Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi. Pasien ini berjenis kelamin perempuan.

Direktur RSAM Kota Bukittinggi, dr. Khairul menyebutkan, pasien berumur 46 tahun ini mengalami demam sejak seminggu yang lalu. “Demamnya hilang timbul, batuk nyeri, lemas, mual, pilek, sakit kepala dan muntah. Ia masuk RSAM tanggal 21 Maret 2020,” ujarnya.

Diketahui, kata Khairul, salah seorang anggota keluarga, yaitu suami dari pasien 08 RSAM Bukittinggi itu baru pulang mengikuti Tablig Akbar di Malaysia. “Iya, suaminya pulang dari Malaysia mengikuti Tablig Akbar, berangkat tanggal 29 Februari dan pulang 3 Maret 2020,” jelasnya.

Lalu, Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias juga membenarkan salah seorang keluarga warga yang dinayatakan positif Covid-19 itu memiliki riwayat perjalanan ke Malaysia. “Tim kita sudah turun ke lapangan untuk evakuasi keluarga tersebut, mereka sudah bersedia untuk diisolasi,” ujar Ramlan kepada awak media, Kamis (26/3/2020).

Pemko Bukittinggi, kata Ramlan, juga akan segera melacak perjalanan seorang warga yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut. Termasuk mencari alamat di mana toko-tokonya dan siapa-siapa saja karyawannya.

“Dia punya toko dan lainnya, akan kami data semua. Termasuk kemana saja dia pergi, dengan siapa dia bersalaman,” jelasnya.

Ia menegaskan, pihaknya tidak akan menutup-nutupi terkait kasus Covid-19. Sebab, langkah-langkah segera diambil dengan kondisi saat ini.

“Secara nasional sudah disampaikan, Kita pun tidak tutupi soal ini. Toh bagaimanapun langkah-langkah harus kami ambil dari forkompimda termasuk pemerintah. Hari ini kami rapat," tegasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah. Serta patuhi protap kesehatan seperti sering mencuci tangan dan menjaga jarak aman.

"Kondisi sama-sama kita maklumi. Saya minta masyarakat supaya di rumah jangan keluar. Menahan diri di rumah pelihara anak-anak, sayangi keluarga. Sering cuci tangan, jangan cipika-cipiki, bawa sajadah ke masjid dan jaga jarak satu atau dua meter walaupun di rumah," imbaunya.

Selain satu warga Kota Bukittinggi yang dinyatakan positif Covid-19, Ramlan mengungkapkan juga terdapat PDP di ruang isolasi RSAM dinyatakan meninggal dunia. PDP itu berasal dari Kabupaten Solok Selatan.

"Kita tunggu hasil laboratorium lainnya. Di RSAM ada 11 PDP, satu meninggal di Solok Selatan," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Selama libur Lebaran 2024, tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan 100 persen
Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel di Bukittinggi Naik 100 Persen Dibanding 2023
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah menyiapkan 14 titik parkir resmi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 2024. Belasan titik
Pemko Bukittinggi Siapkan 14 Titik Parkir Resmi, Ini Lokasi dan Tarifnya
Bantuan beras dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, belakang menjadi sorotan. Di media sosial, heboh bantuan itu karena
Heboh Beras Bantuan Baznas Ada Foto Wali Kota Bukittinggi, Banyak Dikecam
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Stasiun Lambuang di bekas Stasiun Kereta Api Bukittinggi. Stasiun Lambuang ini akan menjadi pusat
Stasiun Lambuang Bukittinggi Diresmikan Menteri BUMN, Bakal Jadi Pusat Kuliner Terbesar di Sumbar