Warga Agam Diserang Beruang Madu, BKSDA Larang Aktivitas Dalam Hutan

Warga Agam Diserang Beruang Madu, BKSDA Larang Aktivitas Dalam Hutan

BKSDA menyisir lokasi beruang madu menyerang warga Agam (Ist)

Langgam.id - Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Resor Agam, Sumatra Barat (Sumbar) meminta masyarakat mengurangi aktivitas di kawasan hutan yang dicurigai tempat lalu lalangnya binatang buas.

Hal ini dipicu kejadian yang menimpa Ajisman (36), seorang warga yang diserang beruang madu di kawasan hutam Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten pada Senin (8/7/2019) pekan lalu.

"Kami menghimbau warga untuk tidak melakukan aktivitas seperti buru babi dan sebagainya di hutan areal penggunaan lain (APL) dan hutan," kata Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Agam Ade Putra, Selasa (16/7/2019).

Menurut Ade, kawasan APL Dama Sikuciang, dan hutan daerah tersebut masih menjadi tempat lalu lintasnya binatang buas. Seperti beruang madu, harimau Sumatra, dan sebagainya.

Beruntung korban berhasil diselamatkan warga dan segera dilarikan ke RSUD Lubuk Basung. "Warga ini diserang saat beristirahat di pondok berburu babi. Korban mengalami luka di bagan kaki dan pergelangan sebelah kanannya patah," katanya.

Selain korban, menurut laporan, juga ada 15 ekor anjing peburu warga juga ditemukan mati karena diserang beruang di kawasan tersebut.

Sehari pasca kejadian, lanjut Ade, pihaknya telah melakukan penyisiran di sekitar lokasi. Namun, pihaknya tidak menemukan tanda-tanda keberadaan hewan buas tersebut. "Tapi kami akan tetap memantau," katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Tim gabungan BKSDA Sumbar, Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatra dan Ditreskrismsus Polda Sumbar mengamankan satu orang pelaku perdagangan bagian
Tim Gabungan Amankan Pelaku Perdagangan Sisik Trenggiling di Pasaman
Harimau sumatra yang masuk kandang jebak di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman, diberi nama Puti Malabin. Dikutip dari akun Instagram,
Harimau Sumatra yang Masuk Kandang Jebak di Pasaman Diberi Nama Puti Malabin
BKSDA Sumbar memerintah tim WRU melakukan verifikasi dan penanganan di Kecamatan Tigo Nagari, Kabupatan Pasaman usai instansi tersebut
Harimau Sumatra Masuk Kandang Jebak di Tigo Nagari Pasaman, Begini Kronologinya
Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat menutup pendakian di empat gunung yang ada di Sumbar pada libur Natal dan Tahun Baru 2023.
BKSDA Tutup Pendakian pada Empat Gunung di Sumatra Barat
Tim WRU SKW I BKSDA Sumbar melakukan kegiatan penanganan konflik harimau sumatra di Jorong Terantang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo
Harimau Sumatra Muncul di Ladang Sawit Warga Tigo Nagari Pasaman
Seekor satwa trenggiling ditemukan di halaman Pondok Pesantren Haji Miskin di Pandai Sikek, Kabupatan Tanah Datar pada Jumat (15/9/2023)
Ditemukan di Sebuah Ponpes di Tanah Datar, Trenggiling Dilepasliarkan di Palupuh