Wali Kota Pariaman Raih Penghargaan Pembina Dana Desa Terbaik

PENGHARGAAN PEMBINA DANA DESA TERBAIK

Walikota Pariaman, Genius Umar kembali raih Penghargaan Pembina terbaik Dana Desa tingkat Provinsi Sumatra Barat yang diserahkan langsung oleh Gubernur Irwan Prayitno di Pangeran Beach Hotel Padang (Foto: Humas Pemko Pariaman)

Langgam.id – Wali Kota Pariaman, Genius Umar kembali raih Penghargaan Pembina terbaik Dana Desa tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) yang diserahkan langsung dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno, bertempat di Pangeran Beach Hotel Padang, Rabu (26/2/2020).

Kota Pariaman merupakan salah satu dari enam daerah kabupaten/kota yang terbaik dalam Provinsi Sumatera Barat kategori pengelolaan dana desa tahun 2019. Adapun, kabupaten/kota lain yang menerima penghargaan tersebut yaitu Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Solok, Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Pasaman.

"Alhamdulillah, saya kembali didaulat mendapatkan Penghargaan sebagai Terbaik IV Pembina Dana Desa dari Provinsi Sumatera Barat, saya pribadi mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah melaksanakan arahan yang saya sampaikan, dan seluruh stakeholder terkait yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu” ujar Genius Umar.

Penghargaan ini, katanya, sebagai bentuk keseriusan kami di Pemerintah Daerah dalam rangka transparansi dan penguatan regulasi penggunaan dana desa yang mengarah kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kita berharap dana desa yang cukup besar yang beredar, adalah semata mata untuk kesejahteraan masyarakat, baik peningkatan SDM yang unggul, pembangunan yang bermanfaat dan peningkatan perekonomian mulai dari UKM sampai yang usaha yang besar, sehingga tujuan pembangunan dapat kita wujudkan,” ungkapnya.

Menurut Genius Umar, transparansi pengelolaan dana desa wajib dilakukan, guna memastikan bahwa desa dapat memenuhi prinsip akuntabilitas, secara lebih spesifik, dan Desa menjadi salah satu institusi yang turut menjadi aktor yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Mari kita utamakan kepentingan bersama di desa dengan melakukan transparansi dalam penggunaan dan pengelolaan dana desa, sehingga Desa dapat menjadi Mandiri dan kuat,” jelasnya.

Pemberian Penghargaan  ini merupakan salah satu dari kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi dan kabupaten/kota se-Sumbar serta sosialisasi Sensus Penduduk tahun 2020, yang dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat.

Diketahui, penghargaan yang diraih Wali Kota Pariaman ini, naik satu peringkat dari tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2019 yang lalu, Wali Kota Pariaman mendapat predikat sebagai terbaik ke V. (Inforial)

Baca Juga

Pemko Pariaman berencana akan melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H/2024 M di Lapangan Merdeka pada Senin (17/6/2024).
Salat Idul Adha di Kota Pariaman Dipusatkan di Lapangan Merdeka
Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (PP) Kota Pariaman melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di daerah tersebut jelang Idul
800 Ekor Sapi Jantan Disiapkan Sebagai Hewan Kurban di Pariaman
Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah