Wako Pariaman Diskusikan Smart City dalam Forum ITU

Wako Pariaman Diskusikan Smart City dalam Forum ITU

Wali Kota Pariaman dalam forum ITU di Swiss. (Foto: Dok. Pemko Pariaman)

Langgam.id - Wali Kota Pariaman Genius Umar dan sejumlah kepala daerah yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menghadiri undangan kunjungan kerja (kunker) ke Jenewa, Swiss.

Dalam kunjungan itu, para wali kota menghadiri sejumlah acara kegiatan dalam program perlindungan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) untuk penguatan ekonomi kreatif (ekraf) dan pengembangan smart city.

Genius Umar berkesempatan berdialog dengan direktur telekomunikasi International Telecommunication Union (ITU), Seizo Onoe tentang pengembangan smart city. ITU merupakan lembaga PBB yang berkedudukan di Jenewa Swiss.

“Saya menyampaikan beberapa perencanaan dan grand design smart city Kota Pariaman yang akan berdampak terhadap pelayanan yang akan diterima oleh masyarakat. Smart city merupakan pelayanan yang harus dilakukan oleh pemerintah kota kepada masyarakatnya, sehingga pelayanan publik bisa lebih efektif dan efisien,” ujar Genius dalam forum tersebut, Sabtu (25/2/2023) sebagaimana dirilis situs resmi Pemko.

Dalam kesempatan tersebut Ia juga menuturkan bahwa Direktur ITU juga sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kota Pariaman di bidang samart city.

Seizo menjelaskan bahwa pentingnya standarisasi smart city di berbagai kota di dunia untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan publik bisa dinikmati oleh masyarakat setempat.

Ia juga menyampaikan smart city di berbagai kota di dunia dan termasuk juga kota-kota bertetangga harus melakukan sharing terhadap data yang ada, sehingga pengambil keputusan atau walikota setempat bisa mengambil keputusan yang komprehensif dan lebih efisien yang juga bisa digunakan oleh kota-kota tetangga. Dengan data tersebut walikota bisa mengambil keputusan dengan tepat.

Genius mengakui banyak diskusi yang telah dilakukan ITU, sehingga Kota Pariaman banyak mendapatkan masukan untuk melakukan berbagai perbaikan terutama di bidang smart city dan sistem yang ada.(*/SS)

Baca Juga

Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 bakal digelar pada 7-21 Juli nanti. Pemko Pariaman pun membentuk panitia untuk menyegerakan persiapan
Digelar 7-21 Juli Nanti, Pemko Pariaman Bentuk Panitia Pesona Hoyak Tabuik 2023
Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
APK dan Bahan Kampanye Caleg di Pariaman Ditertibkan
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
5232 KPM di Pariaman Terima Bantuan Beras
5232 KPM di Pariaman Terima Bantuan Beras