Usai Diretas 2 Remaja Sumbar, Situs Setkab Kembali Bisa Diakses

hacker retas situs kabinet

Ilustrasi internet. [pixabay.com]

Langgam.id - Situs resmi Sekretaris Kabinet (Setkab) akhirnya kembali bisa diakses usai diretas oleh dua orang remaja asal Sumatra Barat (Sumbar). Laman Setkab itu kembali tampil seperti sebelumnya.

Seperti dilihat langgam.id pada Selasa (10/8/2021) siang, situs yang beralamat di setkab.go.id itu tak lagi menampilkan informasi soal perbaikan akses. Laman utama situs Setkab itu sudah memunculkan artikel dan foto.

Meski sudah kembali normal, belum terlihat artikel atau foto terbaru yang dimuat dalam laman tersebut. Salah satu artikel terakhir dalam situs Setkab itu yakni berita yang dimuat pada 3 Agustus lalu.

Baca juga: Polisi Dalami Motif 2 Warga Sumbar yang Diduga Retas Situs Setkab

Seperti diketahui, laman resmi Setkab tidak tampil normal karena diduga diretas sejak pekan lalu. Polisi yang melakukan penyelidikan akhirnya menangkap dua orang yang diduga pelaku peretasan. Mereka masing-masing berinisial BS alias ZYY (18) dan MLA alias L (17).

Menurut Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto, para remaja ini memiliki peran masing-masing dalam melakukan illegal acces.

“BS berperan untuk melakukan bypass directory home agar tembus domain utama situs Setkab,” kata Satake Bayu dalam keterangan tertulisnya kepada langgam.id, Minggu (8/8/2021).

Dari penangkapan BS, kata Satake Bayu, disita barang bukti dua unit handphone. Selain itu juga terdapat satu laptop serta akun Facebook dan Instagram.

“Sedang MLA alias L berperan sebagai pembobol sub domain PPID Setkab.go.id dan mengubah index PPID (halaman utama),” jelasnya.

 

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - BRI mengajak seluruh nasabah atau masyarakat menjaga kerahasiaan data dan password terkait maraknya upaya penipuan perbankan.
AJI Indonesia: Peretasan HP dan Medsos Ketum AJI, Ancaman Serius bagi Kebebasan Pers
Situs BSSN Diretas, 5 Hari Belum Dapat Akses
Situs BSSN Diretas, 5 Hari Belum Dapat Akses
Peretasan situs sekretariat kabinet
Kasus Peretasan Situs Sekretariat Kabinet oleh 2 Remaja Asal Sumbar Berakhir Damai
Situs Setkab Belum Bisa Diakses Sejak Diretas, Begini Penampakannya
Situs Setkab Belum Bisa Diakses Sejak Diretas, Begini Penampakannya
Peran 2 Remaja Asal Sumbar yang Diduga Retas Situs Setkab
Peran 2 Remaja Asal Sumbar yang Diduga Retas Situs Setkab
Polisi Dalami Motif 2 Warga Sumbar yang Diduga Retas Situs Setkab
Polisi Dalami Motif 2 Warga Sumbar yang Diduga Retas Situs Setkab