Unand Terima Hibah SPAM Rp17,2 Miliar dari PUPR

Fakultas Teknik Universitas Andalas (FT Unand) menerima mahasiswa baru angkatan pertama untuk Program Studi Sarjana Arsitektur tahun ini.

Gerbang masuk Universitas Andalas. [foto: IG @uni_hanifa]

Langgam.id - Universitas Andalas secara resmi terima hibah Barang Milik Negara (BMN) berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) dengan nilai aset sebesar Rp 17.281.124.000 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, yang ditandai dengan penandatanganan naskah hibah BMN pada Kamis (2/2/2023) di Ruang Kerja Rektor Lantai IV Gedung Kampus Limau Manis.

SPAM sendiri merupakan sarana dan prasarana penyediaan air minum, yang pembangunannya di kampus Universitas Andalas dan telah dilakukan sejak tahun 2018.

Selain mengucapkan terima kasih, Rektor Universitas Andalas Prof. Yuliandri juga menilai penyerahan hibah ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan pemenuhan dari Kementerian PUPR terhadap kebutuhan air minum.

“Universitas Andalas mengucapkan terima kasih banyak atas kesediaan Menteri PUPR melalui Dirjen Cipta Karya yang telah melakukan pembangunan terhitung sejak tahun 2018. Insyaallah akan kami lakukan (pengelolaan) dengan maksimal, sehingga tujuan awal pembangunan SPAM ini dapat tercapai yaitu bermanfaat bagi warga kampus khususnya, dan juga masyarakat yang punya akses ke Universitas Andalas,” ujar Rektor Yuliandri yang didampingi Wakil Rektor IV Dr. Hefrizal Handra dikutip dari laman resmi Unand.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (PPW) Sumatera Barat Kusworo Darpito berharap, melalui serah terima aset yang dibangun melalui dana APBN ini, Universitas Andalas dapat merawat serta menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang, agar fungsinya dapat terjaga dan dapat dimanfaatkan lebih luas lagi oleh masyarakat khususnya yang berada di Universitas Andalas.

“Disamping itu, kami harap ke depannya apabila memungkinkan, dilakukan kerja sama seperti misalnya dengan PDAM, (aset ini) bisa dikelola secara profesional,” pungkasnya.(*/FS)

Tag:

Baca Juga

Presiden Joko Widodo melantik Yuliot sebagai Wakil Menteri Investasi/Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal di Istana Kepresidenan
Dilantik Jadi Wamen Investasi, Yuliot Tanjung Merupakan Putra Asli Padang Panjang
Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 perpindahan ibu kota Kabupaten Agam dari Bukittinggi ke Lubuk Basung disemarakkan dengan adanya arak-arakan ratusan bundo kanduang sambil manjujuang
Semarakkan HUT ke-31 Ibu Kota Agam, Ratusan Jamba Diarak Menuju Rumah Dinas Bupati
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek
UNAND Kembali Raih Penghargaan IKU 5 dari Kemendikbudristek
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
Punya Aset 15 Persen dari Induk, UUS Bank Nagari Berpeluang Spin Off
Punya Aset 15 Persen dari Induk, UUS Bank Nagari Berpeluang Spin Off
Mereksturisasi Kapasitas Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik
Mereksturisasi Kapasitas Pengelolaan Keterbukaan Informasi Publik