Triwulan III, Ekonomi Sumbar Hanya Tumbuh 4,30 Persen

Triwulan III, Ekonomi Sumbar Hanya Tumbuh 4,30 Persen

Ilustrasi

Langgam.id - Data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat mencatatkan pertumbuhan ekonomi daerah itu pada triwulan ketiga tahun ini kembali menunjukan perlambatan atau hanya tumbuh 4,30 persen. Angka itu lebih rendah dari pertumbuhan triwulan sebelumnya yang masih 5,15 persen (yoy/year on year).

Dwi Susanti, Statistisi Ahli Muda BPS Sumbar mengatakan pertumbuhan ekonomi daerah itu sebesar 4,30 persen pada kuartal atau triwulan tiga tahun ini. Angka pertumbuhan itu lebih rendah dari triwulan tiga tahun lalu yang masih tumbuh 4,56 persen.

"Pada triwulan ketiga 2023 ekonomi Sumbar tumbuh 4,30 persen," katanya, dalam rilis resmi BPS, Senin (6/11/2023).

Ia memaparkan dari sisi lapangan usaha pertumbuhan ekonomi Sumbar ditopang sektor kontruksi yang tumbuh 7,87 persen, sektor informasi dan komunikasi 7,85 persen, dan sektor transaportasi dan pergudangan tumbuh 7,12 persen.

Sementara, sektor pertanian berkontribusi 20,74 persen terhadap struktur ekonomi Sumbar hanya tumbuh 1,50 persen. Begitu juga dengan sektor perdagangan yang porsinya 16,91 persen terhadap struktur ekonomi daerah itu hanya tumbuh 6,10 persen.

Adapun, dari sisi konsumsi atau pengeluaran, pertumbuhan didorong membaiknya sektor PMTB yang tumbuh 9,35 persen. Pertumbuhan sektor itu ditandai dengan meningkatnya belanja modal pemerintah, tumbuhnya investasi, tingginya penyaluran kredit investasi, dan meningkatnya impor barang modal.

Namun, dari sisi ini, konsumsi rumah tangga yang menjadi penopang utama ekonomi Sumbar dengan porsi 51,71 persen terhadap struktur ekonomi daerah itu hanya tumbuh 2,50 persen saja.

BPS mencatat secara spasial ekonomi Sumbar menyumbang 6,86 persen terhadap pertumbuhan ekonomi Pulau Sumatra atau hanya 1,52 persen terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. (*/Fs)

Baca Juga

Bulog Sumbar Siapkan 22 Ribu Ton Beras di Tengah Mahalnya Harga Pangan
Bulog Sumbar Siapkan 22 Ribu Ton Beras di Tengah Mahalnya Harga Pangan
Hujan Lebat Rusak Empat Titik Ruas Jalan di Simarasok Agam
Hujan Lebat Rusak Empat Titik Ruas Jalan di Simarasok Agam
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Siaga Darurat Gunung Marapi Diperpanjang Kembali
Muhammad Husni Sabil (28), yang menjadi korban TPPO di Myanmar akhirnya dapat dipulangkan ke tanah air. Sabil sendiri adalah warga Sijunjung,
Pemprov Sumbar Beri Pendampingan Psikologis dan Hukum pada Korban TPPO Asal Sumbar di Jakarta
Ilustrasi kekerasan seksual
Seorang Gadis Asal Sumbar Berhasil Lolos dari Perdagangan Manusia di Jakarta
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
Pemilu 2024, KPU Sumbar Catat 6 Petugas Meninggal Dunia dan 50 Orang Sakit