Trans Padang Resmi Layani Rute Koridor VI Kampus Unand - Pusat Kota

Trans Padang Resmi Layani Rute Koridor VI Kampus Unand - Pusat Kota

Peresmian Trans Padang rute koridor VI Kampus Unand - Pusat Kota. (Foto: Dok. Humas Unand)

Langgam.id - Manajemen Perumda Padang Sejahtera Mandiri yang mengelola Trans Padang meresmikan operasional rute koridor VI kampus Universitas Andalas (Unand) - Pusat Kota.

Rico Rahmadian Albert, Direktur Perumda Padang Sejahtera Mandiri mengatakan pengoperasian koridor VI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap layanan angkutan tansportasi yang nyaman di Kota Padang.

"Koridor VI Pusat Kota - kampus Unand Limau Manis diharapkan akan menjadi alternatif transportasi bagi masyarakat," katanya, Senin (19/12/2022).

Ia menyebutkan rute tersebut akan melewati 67 halte mulai dari pusat kota hingga kampus Unand Limau Manis.

Adapun, manajenen Trans Padang menyampaikan ongkos angkutan menggunakan sistem pembayaran nontunai berupa uang elektronik sekali jalan Rp3.500 bagi masyarakat umum dan untuk pelajar Rp1.500.

Rico menyebutkan hingga saat ini Pemkot Padang memberikan subsidi senilai Rp24 miliar untuk Trans Padang dan pihaknya bisa melakukan efisiensi sehingga yang terpakai hanya Rp17 miliar.

"Saat ini setiap bulan pendapatan Trans Padang rata-rata sudah mencapai Rp700 juta dari lima koridor yang ada," ujarnya.

Selain itu, manajemen Trans Padang juga memastikan keamanan penumpang dengan disediakannya kamera pengawas serta alat pemantau yang bisa mendeteksi jika sopir mengemudi ugal-ugalan sehingga bisa dilakukan pengawasan langsung.

Wakil Rektor IV Unand Hefrizal Handra menyambut baik beroperasinya Trans Padang melayani rute di kampus tersebut.

"Ini yang kami tunggu dan merupakan kebahagiaan karena civitas akademika bisa menikmati pelayanan transportasi publik yang nyaman," kata Udan, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Walikota Padang Hendri Septa mengatakan pengoperasian rute tersebut merupakan upaya pemerintah daerah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat setempat.

"Ini merupakan salah satu program unggulan kami dalam rangka menyediakan transportasi umum yang nyaman serta menurunkan kemacetan," kata Hendri saat meresmikan pengoperasian Trans Padang koridor VI Pusat Kota - Limau Manis, Unand.

Menurutnya dengan adanya koridor VI akan dapat melayani mahasiswa Unand sehingga lebih bisa mendapatkan transportasi yang nyaman serta murah.

Hendri menyampaikan Trans Padang akan membuka dua koridor lagi melayani rute Pusat Kota-Bungus Teluk Kabung dan Pusat Kota -Air Pacah.

Ia berharap dengan hadirnya koridor VI kesadaran masyarakat menggunakan transportasi publik semakin meningkat karena bus yang disediakan aman dan nyaman.

"Selain itu juga bisa menekan kemacetan pada jam tertentu karena dengan menggunakan transportasi umum jumlah kendaraan pribadi bisa dikurangi," katanya.

Adapun, saat ini Trans Padang sudah melayani rute koridor I Lubuk Buaya - Pasar Raya, koridor IV Teluk Bayur - Anak Air, dan koridor V Indarung - Pasar Raya.

Tahun depan juga direncanakan pengoperasian koridor II Bungus - Pasar Raya, dan koridor III Air Pacah - Pasar Raya.

Baca Juga

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang, Ances Kurniawan menargetkan pada 2024 ini jumlah penumpang Trans Padang sebanyak 5 juta orang.
Kehadiran Trans Padang Dinilai Geliatkan Pariwisata Bungus Teluk Kabung
Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Langgam.id - Lembaga SURI menggelar pameran Pemanfaatan Iluminasi Naskah Kuno Menjadi Motif Kain Minangkabau di Unand.
53 Proposal PKM UNAND Lolos Pendanaan Kemendikbudristek
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara
RS Unand Bertekad Menjadi Destinasi Wisata Medis di Asia Tenggara