TK Barunawati Teluk Bayur Padang Ajak Murid Mencintai Batik

PalantaLanggam - TK Barunawati Teluk Bayur Padang Mengajak Murid Untuk Mencintai BatikTK Barunawati Teluk Bayur Padang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan menjalankan kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang mengangkat Topik "Cintai Indonesia" dengan Sub Topik "Aku Cinta Batik." Kegiatan ini direncanakan untuk dua kali dalam tahun ajaran 2023/2024 dengan dua tema berbeda yang terbagi dalam dua semester.

Keterlibatan seluruh pihak terkait dengan proses belajar mengajar di TK Barunawati Teluk Bayur, termasuk Yayasan, Lembaga Sekolah, para wali murid, dan yang paling penting, para murid dari TK Barunawati Teluk Bayur, merupakan elemen utama dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Kegiatan ini berlangsung selama dua minggu, yaitu dari tanggal 2 hingga 13 Oktober 2023, yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional. Selama periode ini, para murid TK diperkenalkan kepada beragam jenis batik yang ada di seluruh nusantara melalui penayangan video.

Mereka juga diajak untuk mengenal berbagai teknik pembuatan batik, seperti teknik lukis, teknik jumputan, teknik ecoprint, dan teknik cap. Kegiatan berlanjut dengan tahap pengumpulan bahan, proses pembuatan batik, dan akhirnya pameran karya-karya mereka.

Kepala Sekolah TK Barunawati Helena Amrin menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah agar anak-anak dapat lebih mengenal budaya Indonesia, khususnya batik. Selain mengenal berbagai corak batik, mereka juga akan memperoleh pengetahuan baru mengenai cara pembuatan batik serta alat-alat yang digunakan dalam berbagai teknik batik.

"Anak-anak juga akan memiliki kesempatan untuk mencoba sendiri teknik-teknik tersebut, seperti mencampur warna dalam teknik jumputan, melukis motif bunga dalam teknik lukis, dan menempel daun dan bunga dalam teknik ecoprint," ujarnya.

Kegiatan ini mencapai puncaknya dengan penyelenggaraan Fashion Show, yang memberi kesempatan kepada anak-anak untuk tampil berani dan dengan bangga memamerkan hasil karya mereka. Dalam Fashion Show, mereka menggunakan tema kreatif batik, membawa karya-karya mereka sendiri, dan memperlihatkannya kepada penonton.

Seluruh kegiatan ini mencakup pembelajaran nilai-nilai, seperti beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebinekaan global, berpikir kritis, dan kreatif.

Helena menambahkan, pihaknya bertekad untuk menciptakan pengalaman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak usia dini yang ada di TK Barunawati.

"Dengan dukungan penuh dari semua pihak yang peduli terhadap pendidikan anak usia dini dan kurikulum yang baik dari pemerintah, kami percaya bahwa visi ini dapat terwujud dengan baik," pungkasnya. (*/Yh)

Baca Juga

Daulat Insitute Sukses Laksanakan Program Kampanye Sekolah Sehat di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Daulat Insitute Sukses Laksanakan Program Kampanye Sekolah Sehat di Kabupaten Kepulauan Mentawai
Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padang mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 400.3/36/DIKBUD/X/2023 tentang Proses Belajar
Disdikbud Padang Batasi Pembelajaran di Luar Ruangan Imbas Kabut Asap
Mulai 4 September 2023, Pemko Bukittinggi akan menerapkan program lima hari sekolah (Senin-Jumat) untuk pelajar PAUD, SD, dan SMP.
Terapkan 5 Hari Sekolah, Wako Bukittinggi Anjurkan Guru Tak Beri PR ke Siswa
Pemerintah Kota Bukittinggi akan menerapkan program lima hari sekolah untuk pelajar PAUD, SD, dan SMP. Program ini dimulai pada 4 September
Terapkan 5 Hari Sekolah, Berikut Jadwal Belajar Siswa SD dan SMP di Bukittinggi
Pemko Bukittinggi resmi menerbitkan aturan lima hari aktif sekolah untuk pelajar PAUD, SD, dan SMP. Aturan dimulai 4 September 2023 ini.
Pemko Bukittinggi Terapkan Lima Hari Sekolah Mulai 4 September 2023
Sekampung Mendidik Seorang
Sekampung Mendidik Seorang