Tingkatkan Minat Baca Anak, Pemko Padang Hadirkan Mobil Pintar

minat baca anak padang

Genny Hendri Septa mengunjungi Paud Melati Pepaya di Kuranji [dok. Humas Padang]

Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang menghadirkan Mobil Pintar (MoPi) untuk meningkatkan minat membaca anak usia dini.

Ketua Himpunan Pendidik dan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kota Padang Desi Susanti mengatakan, mobil tersebut merupakan bantuan dari PAUD Institut Pusat yang bekerja sama dengan Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

"Mobil pintar merupakan perpustakaan berjalan yang dilengkapi dengan sarana multimedia, buku bacaan dan alat peraga pendidikan. Adanya mobil pintar untuk membangun budaya literasi sejak usia dini," katanya, Rabu (3/11/2021).

Bantuan mobil pintar tersebut diserahkan Bunda PAUD Kota Padang Genny Hendri Septa kepada PAUD Holistik Integratif (HI) Melati Pepaya yang berada di Kelurahan Kuranji

Selain menyerahkan bantuan, Genny juga membacakan buku cerita dan memberikan motivasi bagi anak-anak PAUD.

Baca juga: Pemuda Sumbar Tolak Dualisme Kepengurusan KNPI

Genny mengatakan, kunjungannya dilakukan dalam rangka melihat langsung gerakan gemar membaca untuk anak usia dini di PAUD Melati Pepaya.

"Kita di Kota Padang saat ini memang mewajibkan anak-anak sehari itu untuk membaca minimal 30 menit. Alhamdulillah hal ini sudah mulai dilakukan dan dilihatkan oleh PAUD Melati Pepaya," ujarnya.

Mneurutnya, untuk menghasilkan generasi yang literat di masa depan, perlu menumbuhkan minat baca bagi anak-anak. Hal ini tentunya harus dimulai dari usia dini.

"Kita perlu menghasilkan anak-anak yang berkualitas, yang mau gemar membaca karena mereka akan menjadi penerus bangsa ke depannya," ujar Genny.

Ketua TP-PKK Kota Padang itu juga meminta agar para orang tua mampu menyiasati agar anak mereka tidak kecanduan gadget. Karena akan berdampak buruk pada perkembangan anak.

"Setiap bertemu orang tua, saya selalu ingatkan ini. Kita harus peduli, agar anak-anak tidak kecanduan gadget. Khususnya kepada guru-guru PAUD, saya meminta agar kita bersama mampu mengkomunikasikan ini ke orang tua anak," tuturnya.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Sampah Menumpuk di Pantai Usai Hujan, Wako Padang Imbau Warga Tak Lagi Buang Limbah ke Sungai
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Gerak Cepat Wako Hendri Septa Meninjau Korban Banjir
Langgam.id - Kasat Pol PP Padang, Mursalim menyebutkan wanita yang videokan aksi penertiban pedagang di Pantai Padang merupakan provokator.
Ditegur Satpol PP, Spanduk "Pengabdi Setan" di Padang Diturunkan
Pemko Padang Segera Berlakukan Kebijakan 5 Hari Sekolah untuk SD dan SMP
Pemko Padang Segera Berlakukan Kebijakan 5 Hari Sekolah untuk SD dan SMP
Mahasiswa Unand Rintis Start-Up untuk Bantu UMKM
Mahasiswa Unand Rintis Start-Up untuk Bantu UMKM