Tingkatkan Literasi Matematika, Dosen UNP Pengabdian di SMAN 15 Padang

Tingkatkan Literasi Matematika, Dosen UNP Pengabdian di SMAN 15 Padang

Pengabdian masyarakat Departemen Matematika UNP. (Foto: Dok. Matematika UNP)

Langgam.id Dalam semangat pengabdian masyarakat, para dosen dari Departemen Matematika dan Departemen Statistika Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman literasi matematika di kalangan guru SMA.

Program pengabdian masyarakat dengan judul “Peningkatan Kompetensi dan Pemahaman Penalaran Matematika yang Mendukung Kemampuan Literasi Matematika bagi Guru Matematika SMAN 15 Kota Padang di Kecamatan Pauh, Kota Padang” dilaksanakan dari tanggal 31 Juli 2023 hingga 4 September 2023 di SMAN 15 Kota Padang.

Program ini dirancang untuk memberdayakan pendidik, memastikan bahwa mereka memiliki pengetahuan terbaru dan metode pengajaran inovatif untuk mentransfer pengetahuan kepada siswa mereka.

Dalam kerjasama dengan Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Kota Padang (SMAN 15), tim dosen matematika dan statistika UNP yang diketuai Rara Sandhy Winanda, S.Pd., M.Sc. dengan anggota pengabdian Trysa Gustia Manda, M.Pd., dan Zilrahmi, S.Pd., M.Si menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan lokakarya.

"Pelatihan ini melibatkan topik-topik mutakhir dalam pendidikan matematika serta teknik pengajaran terbaik yang telah terbukti efektif," kata Rara, Jumat (29/9/2023).

Guru-guru SMAN 15 Padang terlibat dalam sesi diskusi mendalam, bertukar pengalaman, dan mendapatkan akses langsung ke sumber daya pendidikan terkini.

Salah satu tujuan utama dari program pengabdian masyarakat ini adalah memperkuat keterampilan pengajaran guru-guru, memungkinkan mereka merancang pembelajaran yang menarik dan interaktif.

"Kami percaya bahwa memberdayakan guru dengan pengetahuan terkini dan strategi pengajaran yang efektif adalah kunci keberhasilan pendidikan matematika di sekolah. Guru yang terdidik dengan baik akan memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik kepada siswa mereka," ujar Rara, Ketua Program Pengabdian Masyarakat ini.

Program ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Kepala SMAN 15 Padang Gusnaldi, M.Pd. menyatakan, program ini memberikan dorongan besar untuk meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah.

"Kami berterima kasih kepada para dosen matematika UNP atas kontribusi berharga mereka dalam mengembangkan kompetensi para pendidik kami," ujarnya.

Para guru juga mengungkapkan apresiasi mereka terhadap pelatihan ini. Mereka merasa lebih percaya diri dalam mengajar materi-materi matematika yang kompleks, dan telah merencanakan untuk menerapkan teknik-teknik baru yang mereka pelajari dalam pembelajaran sehari-hari mereka.

Proyek pengabdian masyarakat ini bukan hanya menguntungkan guru-guru, tetapi juga memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan matematika di SMAN 15.

Harapannya, dengan guru-guru yang lebih terampil dan terdidik, siswa-siswa akan mendapatkan pembelajaran matematika yang lebih baik, membuka pintu menuju pemahaman yang mendalam dan kesuksesan di masa depan. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Universitas Negeri Padang (UNP) sudah membuka dan menerima mahasiswa baru pada delapan program studi (prodi) baik di jenjang di S1 (sarjana)
UNP Raih Peringkat 9 IKU Nasional, Rektor Targetkan 3 Besar Tahun Depan
Universitas Negeri Padang (UNP) sudah membuka dan menerima mahasiswa baru pada delapan program studi (prodi) baik di jenjang di S1 (sarjana)
8 Program Studi Baru UNP Sudah Terima Mahasiswa pada 2024
Wisuda ke 135 UNP, Rektor: Tumbuhkan Kepekaan ke Masyarakat
Wisuda ke 135 UNP, Rektor: Tumbuhkan Kepekaan ke Masyarakat
Gelar Prosesi Wisuda ke 135, UNP Luluskan 1.723 Wisudawan
Gelar Prosesi Wisuda ke 135, UNP Luluskan 1.723 Wisudawan
Tak Bersikap Soal PSU DPD Sumbar, Presma UNP Dikirimi Paket Isi Celana Dalam
Tak Bersikap Soal PSU DPD Sumbar, Presma UNP Dikirimi Paket Isi Celana Dalam
Sebanyak 650 peserta mengikuti Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) di Universitas Negeri Padang
650 Peserta Ikuti Ujian SMMPTN-Barat di Universitas Negeri Padang