Tingkatkan Kinerja Dosen Melalui Workshop Capacity Building

PalantaLanggam - Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas telah melaksanakan kegiatan Workshop Capacity Building secara luring di Ruang Sidang Prof. dr. A. Roesma FK Unand, Limau Manis pada tanggal 25-26 September 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh dosen-dosen Departemen Kebidanan FK Unand dan ketua pelaksana dalam kegiatan ini adalah Laila Rahmi, S.SiT, M.Keb serta didukung penuh oleh Ketua Departemen Kebidanan yakni Yulizawati, S.ST., M.Keb.

Pengembangan kapasitas merupakan bagian yang penting di dalam proses pendidikan.  Demikian hal nya yang dilakukan Departemen Kebidanan, mencakup pemberian materi di dalam kelas dalam bentuk games dan diskusi tanya jawab.

Kegiatan awal diisi dengan penyampaian arahan dan motivasi oleh Ketua Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Dra. Jumiarni Ilyas, M.Kes, menyampaikan tujuan dari capacity building, meningkatkan rasa percaya diri dan meningkatkan motivasi kerja serta prestasi. Kegiatan ini disambut positif oleh Wakil Dekan I FK Unand yakni Dr. dr. Efrida, Sp.PK(K), M.Kes yang juga sekaligus membuka kegiatan kali ini.

Kegiatan Capacity Building dilanjutkan dengan games untuk membangun keakraban, kekompakan dan partnership antar dosen. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk games team work, dimana dalam permainan ini peserta dibagi menjadi 3 tim dan diminta membuat sebuah rumah dari dasar hingga puncak yang diberi nama Prodi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan.

Keseluruhan permainan dalam kegiatan ini memiliki filosofi, diantaranya memberikan kesadaran pentingnya bekerjasama, saling menghargai dan berkomunikasi antar anggota tim.

Perdebatan antar tim merupakan hal yang biasa dan menjadi sebuah momen hangat untuk sama-sama saling mendengar antar satu sama lain.

Harapannya, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan semangat, kekompakan dan kinerja seluruh dosen di lingkungan Departemen Kebidanan FK Unand. (Siska Bradinda/*)

Baca Juga

Nagari Mandeh Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal dengan Olahan Ikan Teri
Nagari Mandeh Tingkatkan Daya Saing Produk Lokal dengan Olahan Ikan Teri
Sebanyak 5.100 mahasiswa Universitas Andalas (UNAND) akan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) pada tahun ini. Lokasi KKN para mahasiswa ini
5.100 Mahasiswa Universitas Andalas Ikuti KKN ke Berbagai Daerah
Rektor Universitas Andalas (UNAND) Efa Yonnedi memastikan bahwa tidak ada kenaikan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada tahun ajaran baru
Rektor UNAND Pastikan Tidak Ada Kenaikan UKT
Universitas Andalas (Unand) akan menerima mahasiswa baru untuk Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
Unand Buka Program Doktor Ilmu Akuntasi, Tahun Ini Terima Mahasiswa Baru
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Mengembangkan UMKM Sagun Bakar: Inovasi Pengolahan Ubi Jalar oleh Fateta Unand dan KWT Lurah Saiyo
Langgam.id - Lembaga SURI menggelar pameran Pemanfaatan Iluminasi Naskah Kuno Menjadi Motif Kain Minangkabau di Unand.
53 Proposal PKM UNAND Lolos Pendanaan Kemendikbudristek