Tim Antibandit Ringkus Gerombolan Pencuri Ternak di Agam

pembunuh gadis

Ilustrasi - penangkapan. (Foto: pixabay.com)

Langgam.id - Tim Antibandit Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Agam meringkus tiga tersangka yang diduga merupakan gerombolan pencuri ternak.

Kasatreskrim AKP RJ. Agung Pratomo yang memimpin penangkapan mengatakan, ketiganya ditangkap setelah beraksi di Jorong Labuhan, Kenagarian Tiku Limo Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam.

“Pelaku berhasil kita tangkap di dekat gerbang pos satpam PT. Mutiara Agam saat hendak membawa ternak sapi hasil curiannya itu keluar lokasi dengan menggunakan kendaraan mobil rental minibus Toyota Avanza Nopol BA 1026 WD,” katanya, sebagaimana dirilis situs resmi Polri, Sabtu (21/1/2023).

Ketiga pelaku masing-masing berinisial AF (42), RD (37) dan IS (45). Dua orang pertama adalah warga Manggopoh, Lubuk Basung. Sementara, yang terakhir adalah warga Jorong Labuhan, Kenagarian Tiku Limo Jorong.

“Sebenarnya pelaku ini berjumlah 4 orang, namun baru berhasil kita tangkap 3 orang,” kata kasat.

Satu tersangka lainnya berinisial R, 35 th, yang juga warga Jorong Labuhan belum tertangkap karena setelah mencuri tidak bersama tiga rekannya. Ia diduga saat ini melarikan diri dan masih dalam pengejaran.

“Alhamdulillah berkat informasi warga sekitar, rencana jahat pelaku yang sudah terendus itu berhasil kita gagalkan,” katanya.

Menurut kasat, pelaku mengakui perbuatan saat diinterogasi penyidik. Ia beralasan ingin membayar biaya rental mobil selama lima hari.

Kini pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Agam guna proses penyidikan lebih lanjut. “Atas perbuatannya, pelaku kita jerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,” katanyanya.

Pemilik sapi bernama Anto menyampaikan terima kasih atas respons polisi.
“Semoga tindakan respon cepat dalam menanggapi laporan masyarakat yang seperti saat ini terus dipertahankan,” tuturnya. (*/SS)

Baca Juga

Komplotan pelaku pencurian motor yang kerap beraksi di kampus UNP berhasil ditangkap Tim Aligator Polsek Padang Utara.
Kerap Beraksi di Kampus UNP, Komplotan Pencuri Motor Ditangkap Polisi
Diduga melakukan pencurian uang di dalam kotak amal masjid, seorang pemuda berinisial AF (21) ditanglap Unit Reskrim Polsek Payakumbuh pada Selasa (30/1/2024)
Terekam CCTV, Pencuri Uang Kotal Amal Masjid di Limapuluh Kota Ditangkap
Seorang warga Kota Pekanbaru, Wir (48), kembali harus berurusan dengan pihak kepolisian terkait kasus tindak pidanan pencurian yang
Polres Payakumbuh Tangkap Residivis Spesialis Kupak Rumah
Aset perkeretaapian yang ada di Gurun Bagan, Kelurahan Lubuk Sikarah, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok, Sumatra Barat (Sumbar), hilang dicuri.
Aset Perkeretaapian di Kota Solok Hilang Dicuri, Kerugian Puluhan Juta Rupiah
Dua pelaku pencurian dan satu orang penadah besi bantalan rel kereta api milik Dirjen Perkeretaapian ditangkap Polres Padang Panjang.
Curi 4 Ton Besi Rel KA, 3 Pelaku Ditangkap Polres Padang Panjang
Seorang residivis spesialis kupak rumah berinisial AH (33) ditangkap Tim Elang Opsnal Polsek Koto Tangah, Kota Padang. Pelaku ditangkap
Mencuri, Seorang Residivis Kupak Rumah Ditangkap Polsek Koto Tangah