Tertular dari Perantau, 2 Warga Pesisir Selatan Positif Covid-19

Pasien Sembuh Covid-19 Pessel Bertambah 7 Orang

Ilustrasi Corona di Kabupaten Pesisir Selatan (Foto: Fii/Langgam.id)

Langgam.id - Sebanyak dua warga Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) dilaporkan positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19). Hal itu diketahui setelah adanya 10 warga di daerah itu menjalani tes swab usai kontak erat dengan seorang perantau yang positif Corona.

Hal itu dibenarkan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi.

Menurutnya, berdasarkan laporan tim gugus tugas provinsi, Jumat (7/8/2020) bahwa ada penambahan 2 kasus positif di Pesisir Selatan.

"Iya, ada 10 warga Lengayang yang jalani tes swab, hasilnya 2 orang positif. 10 orang tersebut diketahui kontak erat dengan seorang perantau asal daerah tersebut yang sempat pulang kampung menjelang Idul Adha kemarin dan ia berada di kampung selama 10 hari," ujar Rinaldi melalui rilis yang diterima Langgam.id, Sabtu (8/8/2020).

Perantau itu, jelas Rinaldi, selama ini tinggal di Purwakarta dan tercatat sebagai warga Purwakarta. "KTP-nya sudah Purwakarta, cuma kampung asalnya di Lengayang, jadi yang bersangkutan pulang," jelasnya.

Seorang perempuan berusia 49 yang merupakan perantau asal Lengayang tersebut diketahui positif Corona ketika akan kembali ke Purwakarta.

Baca Juga: Kontak dengan Perantau yang Positif Corona, 14 Warga Pesisir Selatan Isolasi Mandiri

"Ketika akan balik ke rantau, ia menjalani rapid tes di BIM, hasilnya reaktif. Lalu, tes swab, hasilnya positif. Ia berencana balik ke rantau dengan pesawat, setelah pulang melalui jalur darat," ungkap Rinaldi.

Kemudian, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan melakukan tracking terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan yang bersangkutan selama berada di kampung halaman.

"Hasilnya, sebanyak 14 orang warga yang pernah kontak erat dengan yang bersangkutan selama berada di kampung halaman harus menjalani isolasi mandiri, dan hasil dari 10 orang yang sudah menjalani swab, 2 positif," katanya. (*/ZE)

Baca Juga

KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
KKN di Nagari Siguntur Pessel, Mahasiswa Unand Diminta Bantu Atasi Stunting
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Paskibraka Pesisir Selatan Akan Gunakan Sepatu Lokal Katidiang pada HUT RI 2024
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesisir Selatan Tanam 100 Batang Pisang di Pekarangan Kantor
Sebanyak 122 wali nagari di Pesisir Selatan diperpanjang masa jabatannya menjadi 8 tahun. Pengukuhan ke-122 wali Bupati Pesisir Selatan,
122 Wali Nagari di Pesisir Selatan Diperpanjang Masa Jabatannya Jadi 8 Tahun
Wilayah Pesisir Selatan, Sumatra Barat (Sumbar) diguncang gempa dengan magnitudo 4,7 pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Guncang Pessel, BMKG: Akibat Adanya Aktivitas Sesar Lokal
Gempa bumi berkekuatan (magnitudo) 4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat pada Jumat (14/6/2024) pukul 12.39 WIB.
Gempa M 4,7 Mengguncang Pesisir Selatan Jumat Siang