Terabaikan Selama 12 Tahun, Jalan Lingkar Bungus-Luki Kembali Dilirik

Terabaikan Selama 12 Tahun, Jalan Lingkar Bungus-Luki Kembali Dilirik

Pembersihan jalan lingkar Bungus Teluk Kabung dan Lubuk Kilangan di Padang. [Foto: Prokopim]

Langgam.id - Pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan Bungus Teluk Kabung dan Lubuk Kilangan (Luki) di Padang tak lagi dijajaki setelah mulai dibangun 2011. Selama 12 tahun terabaikan, jajaran Pemko Padang kembali melakukan pembersihan.

Pembersihan jalan dilakukan melalui gotong-royong bersama elemen masyarakat di Kecamatan Bungus, Selasa (20/12/2022). Aksi tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Padang Hendri Septa.

Jajaran Pemko Padang terlihat membersihkan jalan baru yang dibangun melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) itu. Hendri Septa menyebutkan, pembukaan jalan sudah dimulai sejak 2011.

"Sudah 12 tahun tidak pernah lagi kita jajaki. Alhamdulillah, hari ini kita bersama-sama memulai pembersihan," katanya.

Wako mengatakan, panjang jalan lingkar Bungus Teluk Kabung dan Lubuk Kilangan 13,6 km. Pembersihan akan dilakukan bertahap mulai Bungus hingga tembus ke Luki.

Dikatakan, pembukaan jalan TMMD tersebut merupakan sebuah upaya dan niatan Pemko Padang untuk memberikan manfaat bagi masyarakat dan kemajuan Kota Padang untuk jangka panjang. Upaya persiapan untuk generasi mendatang.

"Begitu juga rencana pembuatan jalan lingkar luar baru yang menghubungkan semua kecamatan di Kota Padang. Setelah selesai, nanti akan diperuntukan bagi truk-truk atau kendaraan besar sehingga tidak perlu masuk kota lagi," kata Wali Kota.

Menurutnya, pembukaan jalur itu tidak saja untuk akses transportasi masyarakat, namun juga akan membuka akses ekonomi. Selain itu, harga jual tanah juga akan naik.

Baca Juga: Satgas TMMD Ke-115 Berikan Pelayanan Kesehatan Warga di Pesisir Selatan

"Untuk itu mari kita bersama-sama mendukung untuk mewujudkan pembangunan jalan ini. Semoga dapat selesai secepatnya," tutur Wako Hendri Septa.

Tag:

Baca Juga

Tentara Manunggal Membangun Nagari Sambangi Tanah Datar
Tentara Manunggal Membangun Nagari Sambangi Tanah Datar
Satgas TMMD Ke-115 Berikan Pelayanan Kesehatan Warga di Pesisir Selatan
Satgas TMMD Ke-115 Berikan Pelayanan Kesehatan Warga di Pesisir Selatan
TMMD
Tim Wasew Mabes TNI AD Kunjungi Lokasi TMMD di Padang Pariaman
TMMD ke-110 Sumbar Resmi Dimulai, Berikut Dua Kabupaten Sasarannya
TMMD ke-110 Sumbar Resmi Dimulai, Berikut Dua Kabupaten Sasarannya
Bangunan liar (bangli) di Jalan Sawahan, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, kedapatan masih berdiri di atas drainase. Padahal
Tak Tepati Janji, Bangunan Liar di Sawahan Dibongkar Satpol PP Padang
Bagi orang tua yang mau memasukkan anaknya di sekolah negeri di Padang, baik SD maupun SMP, mulailah bersiap-siap dari sekarang. Sebab bulan
PPDB Online SD dan SMP di Padang Kapan Buka? Berikut Jadwal, Tahapan dan Syaratnya