TMMD ke-110 Sumbar Resmi Dimulai, Berikut Dua Kabupaten Sasarannya

TMMD ke-110 Sumbar Resmi Dimulai, Berikut Dua Kabupaten Sasarannya

Sebagian bantuan untuk kegiatan TMMD sudah sampai di lokasi. (foto: Pemprov Sumbar)

Langgam.id - Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2021 resmi dimulai pada Selasa (2/3/2021). Pembukaan TMMD ke-110 ini dilaksanakan di Kabupaten Padang Pariaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Sebelumnya di kedua daerah ini sudah dimulai tahapan sosialisasi dan Pra TMMD selama satu bulan. Pada tahapan ini target sasaran diantaranya pembukaan lahan untuk jalan, pembangunan jembatan dan rehab rumah tidak layak huni serta rumah ibadah.

Kepala Bidang Kerjasama dan Pembangunan Kawasan Pedesaan (KPKP) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD)  Sumbar Vera Irawati menyebutkan, bahwa sebagian besar bantuan untuk TMMD dari berbagai dinas instansi maupun BUMN telah diterima DPMD.

"Bantuan itu telah disalurkan melalui Komando Distrik Militer atau Kodim kedua lokasi TMMD," ujar Vera, Senin (1/3/2021).

Ia menambahkan, bantuan yang sudah datang, khususnya bantuan berupa dana segar. Bantuan itu sudah disalurkan ke toko-toko bangunan di dua lokasi TMMD untuk dibelikan semen.

"Beberapa OPD yang telah memberikan, diantara Dinas PSDA, Dinas ESDM, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) berupa 30 zak semen dan Bank Nagari 100 zak semen," terang Vera.

Vera menjelaskan, bantuan lainnya yang diterima yaitu sembako  40 paket dari Biro Bina Mental dan Kesra Sumbar senilai masing-masing paket Rp.250 ribu.

Sebelumnya kata Vera, juga ada bantuan dari Baznas Sumbar untuk rehab rumah tidak layak huni untuk 10 rumah. Masing-masing 5 rumah di setiap lokasi TMMD. Nilainya setiap rumah Rp20 juta.

Ia mengatakan, bantuan dari dinas dan instansi lainnya kemungkinan akan langsung diberikanke lokasi TMMD. Seperti Dinas Pangan bantu 1.000 bibit sukun dan Bulog memberikan bantuan sebanyak 50 karung beras tinggi protein.

Dinas PMD sendiri terang Vera, telah menyalurkan langsung bantuan berupa peralatan olah raga yang terdiri dari bola kaki, bola voli, bola takraw 4 buah, net voli dan net takraw. Kemudian Perlengkapan kerja lapangan berupa baju kaos 80 buah, topi 80 buah dan sepatu boots 80 buah.

"Kemudian, perlengkapan ibadah yaitu alquran 12 buah, mukena 10 buah, sajadah 10 buah dan ambal 10 meter.  Mesin genset 2 unit dan mesin potong rumput 2 unit serta bantuan berupa bahan material bangunan," sebut Vera.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi. Titan Jatmiko melalui Pasiter Kodim Lettu Inf. Aidil Adha menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kedatangan DPMD Sumbar yang telah memberikan bantuan guna mendukung kegiatan program TMMD ke-110.

"Bantuan ini akan dibagikan ke masyarakat Nagari Salibutan, yang menjadi lokasi TMMD di Kabuparen Padang Pariaman," ujarnya. (*/yki)

Baca Juga

Tentara Manunggal Membangun Nagari Sambangi Tanah Datar
Tentara Manunggal Membangun Nagari Sambangi Tanah Datar
Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Wali Nagari Diduga Pelaku Asusila Sesama Jenis di Padang Pariaman Akhirnya Mengundurkan Diri
Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Kantor Wali Nagari di Padang Pariaman Disegel Warga, Buntut Dugaan Asusila Sesama Jenis
Jembatan Surau Belo yang berada di Korong Tanjuang Mutuih, Nagari Koto Dalam Barat, Kabupaten Padang Pariaman, rusak berat.
Jembatan Penghubung 3 Kecamatan di Padang Pariaman Rusak Berat Diterjang Luapan Sungai
Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta
Mitigasi Bencana, Pemprov Isi Lumbung Sosial Mentawai Rp385 Juta
Gapopin Sumbar Bagikan 300 Kacamata Gratis di Mentawai
Gapopin Sumbar Bagikan 300 Kacamata Gratis di Mentawai