Tim Wasew Mabes TNI AD Kunjungi Lokasi TMMD di Padang Pariaman

TMMD

Tim Wasev Mabes TNI AD meninjau kegiatan TMMD di Padang Pariaman. (foto: korem032wbr.mil.id)

Langgam.id - Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD Mayor Jenderal TNI Irwan Zaini meninjau lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 Tahun 2021 di Padang Pariaman, Kamis (18/3/2021).

Ia mengatakan, selain meninjau pelaksanaan TMMD, Tim Wasev juga berkesempatan untuk bertatap muka dan berbincang dengan masyarakat.

Menurutnya, dengan kegiatan TMMD ini, TNI akan membantu pemerintah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara.

"Kemudian membantu percepatan pembangunan dan menjaga kamtibmas di pedesaan dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional yang mantap di segala bidang kehidupan masyarakat,” katanya.

Irwan mengungkapkan, maksud kedatangannya kali ini yaitu melaksanakan perintah Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa selaku penanggungjawab TMMD, guna melihat secara langsung bagaimana pelaksanaan TMMD di lapangan.

"Serta untuk mendapatkan saran dan masukan sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan dan peningkatan pelaksanaan TMMD yang akan datang," ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa TMMD merupakan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu pada lintas sektoral bersama kementerian, lembaga pemerintahan nonkementerian, pemerintah daerah dan masyarakat. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan di daerah.

"Program TMMD dilaksanakan atas perencanaan yang mengutamakan atas aspirasi dan kepentingan masyarakat yang dilaksanakan secara integral karena melibatkan semua unsur-unsur yang terkait yang dimulai dari tingkat desa, kelurahan sampai tingkat kabupaten kota," sebutnya.

Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko mengatakan, sebelum pelaksanaan TMMD, pihaknya sudah lakukan Pra TMMD yakni pada  8-26 Februari 2021. Kemudian waktu pelaksanaan TMMD 2-31 Maret 2021.

"Lokasi TMMD ke-110 yakni Nagari Salibutan, Kabupaten Padang Pariaman dan mendapat dukungan penuh dari Mabes TNI, Pemkab Padang Pariaman dan Baznas Provinsi Sumbar," ujarnya.

Dandim menambahkan, kegiatan sasaran TMMD yaitu pembukaan jalan baru, pembangunan jembatan, pemasangan gorong-gorong dan pembangunan tempat wudhu. (*/yki)

Baca Juga

Tentara Manunggal Membangun Nagari Sambangi Tanah Datar
Tentara Manunggal Membangun Nagari Sambangi Tanah Datar
Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Wali Nagari Diduga Pelaku Asusila Sesama Jenis di Padang Pariaman Akhirnya Mengundurkan Diri
Kantor Wali Nagari Singguliang di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) disegel warga, Selasa (23/4/2024)
Kantor Wali Nagari di Padang Pariaman Disegel Warga, Buntut Dugaan Asusila Sesama Jenis
Jembatan Surau Belo yang berada di Korong Tanjuang Mutuih, Nagari Koto Dalam Barat, Kabupaten Padang Pariaman, rusak berat.
Jembatan Penghubung 3 Kecamatan di Padang Pariaman Rusak Berat Diterjang Luapan Sungai
Breaking News: Mantan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Meninggal Dunia
Breaking News: Mantan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni Meninggal Dunia
Abrasi pantai terjadi Korong Keramat Jaya, Nagari Manggopoh Palak Gadang, Kecamatan Ulakan Tapakih, Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar,
Gelombang Tinggi Sebabkan Abrasi Pantai di Padang Pariaman