Tanggapan Nasrul Abit Soal Penetapan Indra Catri Sebagai Tersangka

Tanggapan Nasrul Abit Soal Penetapan Indra Catri Sebagai Tersangka | Gerindra Usung Nasrul Abit

Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade (tengah) diapit Nasrul Abit (kiri) dan Indra Catri (kanan). (Foto: Istimewa)

Langgam.id - Polda Sumatra Barat (Sumbar) menetapkan Bupati Agam Indra Catri bersama Sekdakab Agam Martias Wanto sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan perbuatan tidak menyenangkan terhadap Anggota DPR RI, Mulyadi, Selasa (12/8/2020).

Diketahui Indra Catri merupakan calon wakil gubernur dari Partai Gerindra yang berpasangan dengan Nasrul Abit sebagai calon gubernur menghadapi Pilkada 2020. Mereka telah melakukan deklarasi, dan berencana mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar pada 4-6 September mendatang.

Calon Gubernur dari Partai Gerindra Nasrul Abit mengatakan, pihaknya menyerahkan semua proses tindak lanjut kepada penegak hukum. Indra Catri menurutnya juga sudah menyampaikan sikap akan mengikuti semua proses hukum. "Itu proses hukum biar saja ditindaklanjuti, kita tentu berharap kalau ada nuansa politik janganlah seperti itu. Kita ini juga sama sama membangun Sumatra Barat," katanya Rabu (12/8/2020).

Baca Juga: Polisi Periksa Indra Catri Sebagai Tersangka Pekan Depan

Menurutnya, sudah sejak lama diadakan sejumlah pertemuan dan dialog mengenai pelaksanaan Pilkada yang badunsanak. Seharusnya tidak ada nuansa politis yang kejam seperti ini. "Kita ikuti saja prosedurnya, kita jual program, visi misi kita bagaimana Sumbar saat ini dan bagaimana Sumbar ke depan, dalam politik kita tentu ingin membangun," katanya.

Saat ini Indra Catri menurutnya juga sudah punya tim hukum yang bakal menghadapi masalahnya. Saat ini  pihaknya juga sudah melaporkan masalah kepada DPP Partai Gerindra di Jakarta. Ia juga menunggu instruksi lebih lanjut dari DPP Gerindra. "Kita menyerahkan sama DPP, silakan saja DPP menyelesaikan, DPP tentu juga mengupayakan juga karena kami ini kan dicalonkan dari DPP Gerindra, disana sudah dibahas,"katanya.

Baca Juga: Soal Bupati Agam Tersangka, Gerindra Sumbar Minta Polri Netral

Sebelumnya, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade mengatakan pihaknya sudah mengetahui penetapan status Indra Catri sebagai tersangka itu. "Kami sangat keberatan, karena status tersebut bisa mencederai proses demokrasi yang sedang berlangsung," katanya, Selasa (11/8/2020).

Indra Catri dipasangkan dengan Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Nasrul Abit-Indra Catri diusung Gerindra untuk maju di Pilgub Sumbar 2020. Gerindra menurutnya juga sudah berkirim surat kepada Kapolri c/q Kabareskrim. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Pemilu 2024 sudah memasuki tahap pleno di tingkat Provinsi Sumatra Barat. Sebelumnya, berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten
Pilgub Sumbar 2024: Andre Rosiade dan Mulyadi Diprediksi Tak Ikut Berlaga
Pemilu 2024 sudah memasuki tahap pleno di tingkat Provinsi Sumatra Barat. Sebelumnya, berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten
2 Caleg DPR RI Suara Terbanyak di Sumbar Berpeluang Jadi Calon Gubernur
Caleg DPR RI Dapil Sumatra Barat (Sumbar) 2 dari Partai Demokrat, Mulyadi, memperoleh suara melebihi 100 ribu pada Pileg 2024. Hal ini
Berpeluang Kembali Jadi Anggota DPR RI, Mulyadi Klaim Perolehan Suara Tembus 100 Ribu
Caleg DPR RI dari Partai Demokrat, Mulyadi, diprediksi meraih suara terbanyak di daerah pemilihan Sumatra Barat 2. Hal ini sesuai dengan
Quick Count Indikator di Dapil Sumbar 2, Caleg DPR RI Mulyadi Raup Suara Terbanyak
Kader Demokrat Sumbar Diperintahkan Bantu Warga Terdampak Kenaikan BBM
Kader Demokrat Sumbar Diperintahkan Bantu Warga Terdampak Kenaikan BBM
Langgam.id - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dijadwalkan akan melantik pengurus DPD Partai Demokrat Sumatra Barat (Sumbar) periode 2022-2027.
AHY Bakal Lantik Pengurus DPD Partai Demokrat Sumbar yang Dinahkodai Mulyadi Besok