Tak Tahan Disindir di Media Sosial, Bupati Tanah Datar Tunaikan Janji Kampanye Bajak Gratis

Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Menurut Eka, janji kampanye Bajak Gratis, kerap dirundung di media sosial.

Peluncuran program bajak gratis untuk para petani di Tanah Datar. (Foto: Dok Prokopim Setda Tanah Datar)

Berita Tanah Datar - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Menurut Eka, soal janji kampanye Program Bajak Gratis, kerap dirundung di media sosial.

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar meluncurkan program bajak gratis untuk warganya. Program itu juga diklaim yang pertama di Sumatra Barat (Sumbar).

Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan, diluncurkannya program unggulan layanan Bajak Gratis, seakan menjadi obat bagi dirinya dan wakil bupati.

Dikatakan Eka, sejak menjabat sebagai bupati, ia dan wakilnya kerap dirundung di berbagai media sosial dengan banyak nada miring dan cemooh, bahwa Tanah Datar dibawah kepemimpinan Eka Putra dan Richi Aprian tidak akan mampu mewujudkan janji kampanye layanan Bajak Gratis.

"Hari ini, berkat kerja keras seluruh OPD, program ini berhasil kita luncurkan. Jujur, ini bukan hal yang mudah. Dari seluruh program unggulan, ini yang paling rumit, sekaligus dinanti-nantikan masyarakat Tanah Datar," ujar Eka melalui keterangan tertulisnya, Rabu (2/2/2022).

Eka juga bercerita, munculnya ide untuk program bajak gratis, karena ia dan wakilnya sebelum menjabat, kerap berkelilig Tanah Datar.

Saat berkeliling itu, sebut Eka, mereka banyak jumpa dengan petani. Lalu, ketika menemui petani di sawah, mereka mendengarkan cerita semakin hari petani semakin susah.

"Setelah berkeliling, kami mendapati persoalan utama petani semakin tingginya biaya produksi. baik untuk alsintan, pupuk, maupun panen. Belum lagi banyaknya irigasi yang rusak dan tidak berfungsi secara maksimal," ungkapnya.

Dari situlah, sebut Eka, akhirnya dibuat empat program unggulan yang dijanjikan ke masyarakat saat kampanye.

"Salah satunya, Program Bajak Gratis yang di Launching sekarang. Sektor pertanian merupakan sektor prioritas, sebagaimana dituangkan dalam misi kedua RPJMD Kabupaten Tanah Datar Tahun 2021-2026, yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan perluasan lapangan kerja berbasis pertanian, industri dan UMKM," jelasnya.

Dijelaskan Eka, sektor pertanian memiliki peranan penting terhadap perekonomian di Kabupaten Tanah Datar, hal itu dapat terlihat dari kontribusi sektor pertanian pada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2020 yang mencapai 29,81 persen.

Kemudian, dari sepuluh program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, maka empat item Program Unggulan (Progul) berada pada sektor pertanian, diantaranya Layanan Bajak Gratis, Asuransi Usaha Tanaman Padi (Autp) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi (Auts), Pembangunan Dan Rehabilitasi Irigasi, serta Peningkatan Kuota Pupuk Bersubsidi.

"Program ini merupakan sebagai langkah awal, dan tentunya masih banyak kekurangan. Jadi, kita berharap dari setiap kalangan untuk memberikan masukan agar program ini berjalan dengan baik," katanya.

Baca juga: Pemkab Tanah Datar Kerja Sama dengan Unand untuk Program Bajak Sawah Gratis

Peluncuran Program Bajak Gratis itu dilaksanakan di Sawah Pincuran Jambu, Jorong Sitakuak, Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar.

Dapatkan update berita Tanah Datar – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Gempa M 4,4 di Batusangkar Akibat Aktivitas Sesar Sumatra Segmen Sumani
Bupati Eka Putra Lepas 48 Jamaah Umrah Asal Tanah Datar
Bupati Eka Putra Lepas 48 Jamaah Umrah Asal Tanah Datar
Gerai coffee shop menyuguhkan berbagai keunikan, mulai dari konsep tata ruang sampai dengan menu yang disajikan. Di Kota Padang,
Optimalisasi Media Sosial Sebagai Tools Promosi di Era Marketing 5.0
Seribu Kelompok Tani di Tanah Datar Dapat Bantuan Pertanian
Seribu Kelompok Tani di Tanah Datar Dapat Bantuan Pertanian
Gosip Online
Gosip Online
Festival Pesona Minangkabau (FPM) 2023 yang digelar oleh Pemkab Tanah Datar, resmi dibuka pada Kamis (7/12/2023) di Istano Basa Pagaruyung
Festival Pesona Minangkabau 2023 Dibuka, 40 Sanggar Seni Anak Nagari Bakal Tampil