Tak Kuat Tahan Beban, Kubus Apung Penahan Sampah di Banda Bakali Dilepas

ubus Apung Penahan Sampah di Banda Bakali Dilepas

Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang memasang kubus apung di Banda Bakali, (Foto: Rahmadi/Langgam.id)

Langgam.id - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang melepaskan kubus apung penahan sampah yang telah dipasang di Banda Kali Tamsis, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Alat tersebut hanya terpasang selama seminggu, sejak Jumat (17/7/2020).

Kepala DLH Padang, Mairizon mengatakan, pihaknya sengaja melepaskan kubus apung tersebut untuk mencegah kerusakan. Kubus apung itu tidak mampu menahan volume air yang besar saat hujan beberapa hari lalu.

"Itu sengaja kami lepas, kami mau memindahkan rencananya, kekuatan arus sungai sangat tinggi di sana, jadi tidak kuat," ujarnya, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Tahan Sampah ke Laut, Pemko Padang Akan Pasang Kubus Apung

Kubus apung senilai Rp400 juta itu menurutnya hanya dipasang sekitar 5 hari sebagai uji coba. Alat tersebut akan digeser ke bawah, yaitu di sungai kawasan Gor Haji Agus Salim Padang.

"Masih sungai yang sama, tapi belum tahu kapan dipindahkan, soalnya hujan masih akan esktrim sepertinya, kita tunggu dulu," ungkap Mairizon.

Menurutnya, kubus apung tersebut memang tidak bisa digunakan dengan baik saat arus ekstrim. Biasanya kalau di daerah lain seperti di Jakarta, alat tersebut dibuka saat arus besar dan dipasang kembali saat arus normal.

Baca Juga: Kubus Apung Dipasang di Banda Bakali, DLH Padang Jelaskan Fungsinya

Daerah pemasangan saat ini sungainya juga dangkal, sehingga arus sangat deras ketika hujan lebat. Rencananya, dipindahkan ke Kawasan Gor Haji Agus Salim Padang karena sungai di sana airnya lebih dalam sehingga arus sungai tidak sekuat di lokasi awal kubus itu di pasang. (Rahmadi/ZE)

Baca Juga

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menyediakan TPS Mobile yang bertujuan memudahkan masyarakat untuk membuang sampah di pagi hari.
Siap Tampung Sampah Warga, DLH Padang Sediakan TPS Mobile
DLH mencatat, saat ini ada sebanyak 14.362 pohon pelindung di Kota Padang. Pohon pelindung tersebut rutin dilakukan perawatan dan pemangkasan
Sepanjang 2024, DLH Padang Lakukan Perawatan dan Pemangkasan 800 Pohon Pelindung
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang mencatat, saat ini sudah ada 175 bank sampah di daerah tersebut. Keberadaan bank sampah ini
Padang Miliki 175 Bank Sampah, Terbanyak di Kecamatan Pauh
Simulator golf telah hadir di Padang. Simulator golf ini hadir bersamaan dengan dibukanya Par Tee Kafe di Jalan Wahidin, dekat kantor PLN.
Ada Simulator Golf di Padang, Buka Mulai 1 Juni
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Bertemu Direktur HK, Andre Rosiade: Tol Padang-Sicincin Masih Terganjal Pembebasan Lahan
Sekda Kota Padang, Andree Algamar. [Foto: Dok. Pemko Padang]
Andre Algamar Dilantik Jadi Pj Wali Kota Padang Besok