Sumbar Jajaki Kerjasama dengan Norwegia Kembangkan Potensi Energi Terbarukan

Langgam.id - Audy Joinaldy bersama Deputi Sisnas Watannas, Syachrial E. Siregar membahas potensi pengembangan energi panas bumi di Sumbar.

Pengembangan energi panas bumi di Solok Selatan, Sumbar. [Foto: Dok. Supreme Energy Muara Laboh]

Langgam.id - Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menjajaki kerjasama potensi pengembangan energi baru terbarukan dengan Norwegia.

Norwegia dan negara-negara Skandinavia lainnya memang sudah lebih dulu dikenal dunia di bidang energi terbarukan. Oleh karena itu, Provinsi Sumatra Barat menjajaki Norwegia untuk dapat mengembangkan sumber bauran energi (energy mix) dan mengurangi ketergantungan pada pembangkit listrik berbahan bakar fosil.

Dalam pertemuan bisnis antara Provinsi Sumatra Barat bersama Kedutaan Besar Indonesia untuk Norwegia dan Indonesia-Norway Society (INS) di Fornebu, Norwegia, Jum'at (17/2/2023) lalu, Delegasi Sumbar yang dipimpin Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy memaparkan potensi dan peluang kerja sama sektor energi antara kedua belah pihak.

"Potensi energi terbarukan di Sumbar sangat besar sekali. Mulai dari pembangkit tenaga air, matahari, hingga panas bumi semua ada," ujarnya, dikutip dari laman Sumbarprov, Minggu (19/2/2023).

Ia menjelaskan potensi kerjasama pembangkit energi bertenaga air, matahari, panas bumi di darat maupun lepas pantai di Sumatera Barat.

"Sumatra Barat adalah salah satu provinsi dengan persentase energi terbarukan dan bauran energi tertinggi di Indonesia, tapi Sumbar masih membutuhkan partner untuk terus mengembangkan energi terbarukan," ungkap Wagub Audy.

Pemain energi terbarukan dan bauran energi yang hadir dalam pertemuan tersebut, antara lain, Tinfos, Scatec Solar, Ocean Sun, dan juga Norfund, yang merupakan mitra penting untuk solusi pembiayaan energi hijau di Norwegia. 

"Kami berharap dapat menyepakati kemitraan energi terbarukan dengan Norwegia untuk mengembangkan lebih banyak sumber energi terbarukan di Sumatera Barat dalam waktu dekat," katanya. (*/FS)

Tag:

Baca Juga

Pemko Payakumbuh melepas keberangkatan 204 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kloter X asal Kota Payakumbuh menuju Embarkasi Padang
204 JCH Kota Payakumbuh Bertolak Menuju Embarkasi Padang
Seorang turis asal Prancis berjenis kelamin laki-laki bernama Thuleau Aurore (29 tahun) meninggal usai ditimpa pohon tumbang di kamar
WN Prancis Meninggal Tertimpa Pohon Tumbang di Padang
Puluhan lapak pedagang di Pasar Raya Padang ditertibkan oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Perdagangan dan TNI, Polri,
Langgar Aturan, Puluhan Lapak Pedagang di Pasar Raya Padang Ditertibkan Petugas
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Sah! Widya Navies Pegang Tampuk Tertinggi PWI Sumbar
Sah! Widya Navies Pegang Tampuk Tertinggi PWI Sumbar
Pemkab Dharmasraya menerima tujuh unit ambulans yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Kesehatan Tahun 2024.
Pemkab Dharmasraya Terima 7 Unit Ambulans dari Pemerintah Pusat