Solok Selatan Diterjang Puting Beliung, 353 KK Terdampak Bencana

Solok Selatan Diterjang Puting Beliung, 353 KK Terdampak Bencana

Wabup Solok Selatan Abdul Rahman meninjau Masjid Lamo Hidayatul Kubra yang mengalami rusak berat akibat puting beliung (ist)

Langgam.id - Angin puting beliung menerjang sejumlah Nagari di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat (Sumbar). Sedikitnya, 85 unit rumah yang ditempati sekitar 353 jiwa terdampak bencana alam.

Bencana yang terjadi Jumat (6/9/2019) itu, tidak menelan korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir lebih dari Rp261 juta. Selain rumah, tiga fasilitas umum juga dirusak angin puting beliung. Di antaranya, satu unit sekolah dan dua masjid. Hingga kini, petugas gabungan masih melakukan pembersihan material.

“Wilayah terdampak puting beliung berada di Kecamatan Pauh Duo. Musibah datang tidak terduga, angin puting beliung sudah beberapa kali terjadi. Kalau dapat, seperti pohon kelapa yang berdekatan di rumah ditebang. Sebab, ini suatu hal yang sangat berbahaya," ujar

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, kepada wartawan saat meninjau sejumlah titik kerusakan akibat puting beliung, Minggu (8/9/2019).

Abdul Rahman mengungkapkan, kerusakan bangunan rumah milik warga kebanyakan terdampak akibat tertimpa pohon yang roboh karena angin puting beliung. Ia mengatakan, bantuan berupa material bangunan sangat diperlukan para korban.

“Bahan material bangunan yang dibutuhkan, sebab rumah tempat mereka berteduh kalau lama belum diperbaiki susah. Rata-rata korban yang rumahnya rusak mengungsi ke rumah tetangga,” katanya.

Pemkab Solok Selatan telah menginvetarisir kerusakan dari bencana puting beliung tersebut. Terdapat tiga bangunan yang rusak berat. Sementara distribusi material bangunan akan segera diberikan bkelada korban pada Senin (9/9/2019).

“Bantuan seperti seng atap dan kayu sehingga rumah-rumah warga dapat direhab kembali secepatnya. Kalau yang rusak berat cuman tiga, rusak sedang tetap akan kami berikan bantuan,” pungkasnya. (*/Irwanda/RC)

Baca Juga

IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
Sebanyak 13 mahasiswa yang terdampak bencana alam banjir bandang di Agam menerima beasiswa pendidikan dari Yayasan Minang Diaspora.
Minang Diaspora Serahkan Beasiswa Bagi 13 Mahasiswa Terdampak Bencana di Agam
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengunjungi dua Sekolah Dasar di Kabupaten Agam pada Jumat (24/5/2024). Sekolah tersebut yaitu SD 05
Wagub Sumbar Kunjungi Anak-anak Korban Bencana di Agam
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua