Objek Wisata Solok Selatan Dilengkapi Internet Gratis

Objek Wisata Solok Selatan Dilengkapi Internet Gratis

Seorang teknisi sedang memasang perangkat internet di Kawasan Seribu Rumah Gadang (SRG) Solok Selatan (ist)

Langgam.id - Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan layanan internet gratis di sejumlah objek wisata di Kabupaten Solok Selatan. Sehingga wisatawan tidak lagi kesulitan berkomunikasi melalui jaringan internet saat berada di daerah perbatasan itu.

"Internet sudah menjadi kebutuhan strategis di dunia wisata. Makanya, sejumlah destinasi wisata unggulan di Solok Selatan disediakan layanan internet gratis," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Solok Selatan Syamsurizal kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/9/2019).

Menurutnya, di tengah era perkembangan teknologi dan arus globalisasi tanpa batas, pelancong domestik dan mancanegara kerap gemar mengabadikan gambar mereka saat berada di objek.

"Mereka ingin buru-buru memajang di medsos. Kalau tak ada jaringan, tentu repot. Makanya, kita perlu manjakan pengunjung dengan layanan internet ini," katanya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika melihat ini sebuah kebutuhan bagi perkembangan sektor pariwisata daerah. Sehingga, melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), pihak Kementerian membantu menyediakan jaringan internet gratis di sejumlah objek wisata.

Sejumlah objek wisata yang telah dilengkapi fasilitas internet di Solok Selatan antara lain, Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) dan Bumi Perkemahan Camintoran. Kedua objek wisata itu merupakan destinasi wisata unggulan di daerah pemekaran itu.

Selain itu, lanjut Syamsurizal, di kawasan SRG juga sudah dipasang indihome di enam homestay dan semua biayanya ditanggung pemerintah daerah. Kemudian, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Muaralabuh juga sudah tersedia wifi gratis hasil kerjasama dengan telkomsel dan ini bisa diakses oleh masyarakat.

Pihaknya saat ini juga sedang berupaya memperjuangkan bantuan menara telekomunikasi untuk 17 titik yang belum terkoneksi sinyal telekomunikasi. Namun, sampai saat ini, belum ada panggilan dari Kemenkominfo untuk kepastian bantuan tersebut.

Tahun lalu, kata Syamsurizal, Kementerian telah membangun Base Transceiver Station (BTS) di sejumlah titik blank spot dan menyediakan 10 layanan akses internet program USO Kominfo untuk Puskesmas dan sekolah. Itu untuk memenuhi kebutuhan internet di Solok Selatan. (*/ICA)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
The Balcone Suites & Resort
The Balcone Suites & Resort Mulai Beroperasi, Hotel Bintang 5 Pertama di Sumbar dengan Pemandangan yang Menakjubkan
Desa Wisata Muntei Mentawai Juara Satu ADWI 2023
Desa Wisata Muntei Mentawai Juara Satu ADWI 2023