Solok Selatan Bentuk SOP Penanganan Virus Corona

Plt Bupati Solsel Abdul Rahman memberikan masukan saat penyusunan SOP penanganan virus corona. (ist)

Plt Bupati Solsel Abdul Rahman memberikan masukan saat penyusunan SOP penanganan virus corona. (ist)

Langgam.id - Pemkab Solok Selatan (Solsel), Sumatra Barat (Sumbar) mengimbau warga waspada dan tidak perlu panik terhadap isu virus corona yang dilaporkan telah menjangkit warga Indonesia.

Plt Bupati Solsel Abdul Rahman mengatakan tengah menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanganan penularan virus corona. "Tugas pemerintah melindungi masyarakatnya. Tidak hanya untuk warga, tapi petugas medisnya diimbau untuk tidak panik saat menangani coronavirus ini," katanya, Kamis (5/3/2020).

Saat ini pemerintah daerah sedang menyusun langkah penanganan agar nanti ketika suspect corona terindikasi di Solsel, petugas medis tidak kelabakan dan tidak gagap menanganinya. "Kalau kita tidak punya SOP yang jelas, maka kepanikan yang akan tertonjol dalam penanganannya nanti," katanya.

Menurutnya, penentuan standar penanganan daerah perlu juga diperhatikan. Jangan terfokus dengan SOP penanganan sebagaimana yang diedarkan Kementerian Kesehatan RI. Hal ini mengingat, setiap daerah memiliki kontur yang berbeda.

Sebagai contoh, katanya, daerah Solsel jauh dari rumah sakit rujukan yang sudah ditetapkan pemerintah, sehingga perlu dikaji berapa jarak tempuh. Apa saja kelengkapan yang harus disediakan untuk tenaga medis pengantar.

"Kalau ada masyarakat yang diduga terpapar virus corona apakah langsung dirujuk atau ditangani dulu di daerah. Ini harus disampaikan ke masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solsel Novirman memastikan penanganan wabah coronavirus di daerah itu akan dilakukan sesuai prosedur. Sebagaimana yang diedarkan Kementerian Kesehatan RI dan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami memulai dari menyiapkan tenaga medis, keperluan APD, menyediakan tenaga surveillance, tenaga dokter ahli dan ruang isolasi. Dan mengharapkan semua pihak waspada," ujarnya. (*/ICA)

Baca Juga

Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung
Ustaz Abdul Somad (UAS) direncanakan akan menghadiri tabligh akbar di Ruang Terbuka Hijau Solok Selatan (Solsel) di Padang Aro.
Ustaz Abdul Somad Dijadwalkan Hadiri Tabligh Akbar di Solsel, Catat Jadwalnya