Soal Penghuni Asrama Unand Disuruh Potong Celana, GMKI Padang Bakal Lapor ke Ombudsman

Langgam.id - GMKI Cabang Padang menyayangkan tindakan pembina asrama Unand yang menyuruh dua orang mahasiswa memotong celana.

Salah satu gedung asrama Universitas Andalas (Unand). [Foto: Dok. Asrama Unand]

Langgam.id - Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Padang menyayangkan tindakan pembina asrama Universitas Andalas (Unand) yang menyuruh dua orang mahasiswa memotong celana karena melanggar aturan. Pemotongan celana ini kemudian viral di media sosial.

Dua orang mahasiswa ini diketahui asal Papua dan Sumatra Utara yang merupakan non muslim. GMKI Padang menyesalkan tindakan pembina asrama yang tidak terlebih dahulu memberikan teguran.

Ketua Cabang Demisioner GMKI Padang, Mellynia Sijabat menyebutkan, aksi potong celana itu terjadi pada Sabtu 29 Oktober 2022. Saat itu, kedua mahasiswa hendak pergi kuliah keagamaan.

"Mereka memakai celana dari kamar. Ketika ingin turun ke bawah (asrama) ketahuan dengan pembina asrama. Maka disuruh gunting langsung celananya," ujar Melly saat dihubungi langgam.id, Senin (31/10/2022).

Melly mengakui, sejak awal masuk asrama mahasiswa telah diberitahu bahwa adanya aturan dilarang memakai celana. Namun, seharusnya mahasiswa ini diberikan teguran, bukan langsung potong celana.

"Apa salahnya mendapat peringatan, pemberitahuan, teguran. Mereka baru pertama kali melakukan. Kenapa harus gunting. Lagi pula celana kulot panjang, tidak ketat," ucapnya.

Baca juga: Beredar Video Penghuni Asrama Unand Disuruh Potong Celana, GMNI Unand Angkat Suara

Terkait kejadian ini, GMKI Padang berencana akan melapor ke Ombudsman Sumbar. Mereka juga akan bertemu langsung dengan kedua mahasiswa yang mendapat tindakan pemotongan celana tersebut.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Universitas Andalas (UNAND) menerima sebanyak 7.505 mahasiswa baru untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) pada tahun ini.
11 Prodi di UNAND dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBP 2024
Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) masuk 10 kampus terbaik di Sumatra versi Webometrics 2024.
Berikut 10 Kampus Terbaik di Sumatra Versi Webometrics 2024, Dua Ada di Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Menjelajahi Keanekaragaman Serangga pada Lahan Gandum di Dataran Tinggi Sumbar
Rektor UNAND Lantik Sekretaris Universitas dan Sejumlah Pejabat
Rektor UNAND Lantik Sekretaris Universitas dan Sejumlah Pejabat
Rektor Lantik Komandan Baru Resimen Mahasiswa UNAND
Rektor Lantik Komandan Baru Resimen Mahasiswa UNAND