Soal Jalan ke Tol Trans Sumatra, Dharmasraya Koordinasi dengan Riau via Gubernur Sumbar

Tol Trans Sumatra Dharmasraya

Peta rencana jalan penghubung ke tol yang diusulkan Pemkab Dharmasraya. (Peta: Dinas PUPR Dharmasraya)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya segera berkoordinasi dengan dua kabupaten di Riau terkait akses jalan menuju tol Trans Sumatra. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Dharmasraya Junaedi Yunus mengatakan, pemkab akan bersurat kepada gubernur Sumatra Barat (Sumbar) untuk memfasilitasi koordinasi tersebut.

"Kita akan menyurati pak gubernur minta dukungan. Secara lisan beliau kan sudah menyatakannya mendukung. Kita tetap melalui gubernur, prosedur tetap kia jalankan. Riau nanti tentu juga melalui gubernurnya, karena ini lintas provinsi," katanya, kepada Langgam.id, Sabtu (3/10/2020).
.
Baca Juga: Pemkab Sebut Akses Tol Trans Sumatra ke Dharmasraya Untungkan 3 Provinsi, Ini Alasannya

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sebelumnya menyatakan ikut mendukung wacana adanya pintu tol dari Dharmasraya. “Setuju itu, kalau dipenuhi pemerintah pusat, kita setuju. Pemprov mendukung, kalau butuh surat kita akan surati, tetapi itu semua tergantung dari pusat,” ujarnya kepada wartawan di Padang, Rabu (30/9/2020).
.
Baca Juga: Gubernur Sumbar Ikut Dukung Adanya Pintu Tol dari Dharmasraya

Junaedi mengatakan, dua kabupaten di Riau tersebut adalah Kuantan Singingi dan Indragiri Hulu. Dharmasraya berbatas langsung dengan Kuantan Singingi, Riau. Trase jalan yang telah ada saat ini dari batas Dharmasraya melewati wilayah Kuantan Singingi sekitar 7 kilometer dan sebagian besar akan melewati Kabupaten Indragiri Hulu.

Ia mengatakan, titik yang dituju adalah Belilas, tak jauh dari Rengat, wilayah Kabupaten Indragiri Hulu. Dari Dharmasraya, trase jalan yang sudah ada saat ini menuju Belilas, Kabupaten Indragiri Hulu adalah sepanjang 116 kilometer. "Saya telah pernah melewati jalur ini beberapa tahun lalu. Saat itu, masih ada yang jalur tanah. Sekarang sudah beraspal," tuturnya.

Menurut Junaedi, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang. Sebelumnya, Kepala BPJN III Bambang Pardede mengatakan menteri juga telah meminta agar membuat akses jalan yang menghubungkan Jembatan Pulai, Dharmasraya ke jalan tol Padang-Pekanbaru. Pihaknya langsung menindaklanjuti hal tersebut dengan menentukan trase atau sumbu jalan baru.

Baca Juga: BPJN Segera Tentukan Sumbu Jalan dari Dharmasraya ke Tol Trans Sumatra
.
“Saya sudah tugaskan perencana kami untuk mencari trase ke salah satu pintu tol yang saat ini juga masih rencana pengembangan jalan tol, kalau secara fisik belum mulai,” katanya Rabu (30/9/2020).

Baca Juga: Bupati Dharmasraya Minta Akses Pintu Tol Trans Sumatra
.
Sebelumnya, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengusulkan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar menyetujui jalan akses dari Dharmasraya ke tol trans Sumatra di Riau.

Baca Juga: Menteri PUPR Setuju, Dharmasraya Tindak Lanjuti Rencana Jalan ke Tol Trans Sumatra
.
Menteri Basuki memberi lampu hijau untuk usulan tersebut. Ia sudah meminta Balai Jalan untuk mencek dan memprogramkan secara bertahap. Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sendiri menindaklanjuti dengan membuat usulan lebih rinci dan teknis. (HM/Rahmadi/SS)

Baca Juga

Ketua DPP PPP Bidang Politik dan Pemerintahan, Audy Joinaldy mengantarkan bakal calon legislatif (bacaleg) partainya ke KPU Sumbar
Jelang Pilkada 2024, Audy Joinaldy Mundur dari PPP
Cukup mengagetkan bagi publik Sumatera Barat ketika Wakil Gubernur Audy Joinaldy (Audy) memasang baliho yang menyatakan dirinya sebagai bakal calon gubernur Sumatera Barat 2024-2029.
"Test the Water" Ala Audy Joinaldy
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
Usai Muncul Baliho Bacagub, Audy Joinaldy dan Sutan Riska Makan Siang Bareng
ini-sepuluh-iven-berkelas-yang-digelar-taman-budaya-sumbar-sepanjang-tahun-2022
Muncul Baliho Audy Balon Gubernur Sumbar, Pengamat Politik: Kabar Gembira 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Langgam dan Witbox Resmi Luncurkan Lambox Entertainment 
Hitungan Cepat PSU DPD RI di Sumbar, Cerint dan Irman Gusman Lolos, Emma Yohana Gagal Kembali ke Senayan
Hitungan Cepat PSU DPD RI di Sumbar, Cerint dan Irman Gusman Lolos, Emma Yohana Gagal Kembali ke Senayan