BPJN Segera Tentukan Sumbu Jalan dari Dharmasraya ke Tol Trans Sumatra

Jalan Tol Trans Sumatra

Ilustrasi jalan tol (Foto: pu.go.id)

Langgam.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyetujui usulan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan soal pembangunan akses jalan dari Kabupaten Dharmasraya ke tol Trans Sumatra di Riau.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) III Padang, Sumatra Barat Bambang Pardede mengatakan menteri juga telah meminta agar membuat akses jalan yang menghubungkan Jembatan Pulai, Dharmasraya ke jalan tol Padang-Pekanbaru. Pihaknya langsung menindaklanjuti hal tersebut dengan menentukan trase atau sumbu jalan baru.

"Saya sudah tugaskan perencana kami untuk mencari trase ke salah satu pintu tol yang saat ini juga masih rencana pengembangan jalan tol, kalau secara fisik belum mulai," katanya Rabu (30/9/2020).
.
Baca juga: Gubernur Sumbar Ikut Dukung Adanya Pintu Tol dari Dharmasraya

Pihaknya mengatakan akan mengikuti tahapan sesuai prosedur seperti melakukan study kelayakan atau feasibility study, pra design. Kemudian ada juga tahap usulan teknis untuk pekerjaan tahap rencana detail atau detail enginering design (DED). "Kami tetap mengikuti tahapan, usulan fisik dan sbelumnya juga sudah disetujui prosesnya oleh Direktorat SSPJJ BM," ujarnya.

Pihaknya belum dapat memastikan di daerah mana nantinya ditentukan trasenya. Tetapi hal itu sudah dipastikan menjadi perhatian bagi pimpinan. Ia mengatakan semua dilakukan diawali dengan program terlebih dahulu. "Masih mau ditentukan, kami bekerja dengan program. Sesuatu untuk jadi proyek atau kegiatan tahapannya dari program dulu," katanya.

Untuk pembangunan fisik 2021 saat ini belum ada, karena pendanaan untuk 2021 sudah ada usulan 2 paket kegiatan. Tahapannya juga sudah sampai dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan DPR RI Komisi V. Apakah nantinya dilakukan di atas tahun 2021, dirinya tidak bisa memastikan.

"Saya belum bisa kasih komentar, yang bisa saya beri komentar hanya  hal ini telah menjadi perhatian pimpinan," ujarnya. jarnya.
.
Baca Juga: Tol Padang-Pekanbaru Seksi I Baru Selesai 25 Persen, Target Diundur ke 2022

Sebelumnya, saat peresmian 10 proyek infrastruktur secara virtual pada Senin (21/9/2020), Sutan Riska mengusulkan kepada Menteri Basuki, agar PUPR menyetujui pembangunan jalan penghubung dari Dharmasraya ke tol Trans Sumatra, Riau. Menurut Sutan Riska, untuk mengakses jalan menuju tol hanya butuh pembangunan jalan sekitar 60 kilometer dari Dharmasraya.

Kemudian Menteri Basuki memberi lampu hijau. Jalan yang meneruskan tadi, yang menghubungkan Jembatan Pulai ke tol Pekanbaru, ia meminta kepala Balai Jalan agar  itu dicek, kemudian diprogramkan secara bertahap 2021 atau 2020. Supaya tol itu tersambung dengan Dharmasraya. (Rahmadi/ABW)

Baca Juga

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau Jalan Tol Padang-Pekanbaru Seksi 1 Padang-Sicincin
Agar Tol Padang-Sicincin Rampung Juli 2024, Menteri PUPR Instrusikan Tambah Tenaga Kerja
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dari Lampung
Ditargetkan Fungsional Juli 2024, Progres Kontruksi Tol Padang-Sicincin Capai 47,22 Persen
Tahap Finishing, Rest Are di Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Bisa Digunakan
Tahap Finishing, Rest Are di Tol Pekanbaru-Bangkinang Segera Bisa Digunakan
HK Mulai Bangun Tol Lingkar Pekanbaru Sepanjang 30,57 Km
HK Mulai Bangun Tol Lingkar Pekanbaru Sepanjang 30,57 Km
Dampingi Menteri ATR/BPN Peninjauan, Guspardi Gaus: Tol di Sumbar Paling Mangkrak
Dampingi Menteri ATR/BPN Peninjauan, Guspardi Gaus: Tol di Sumbar Paling Mangkrak
Perkembangan Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin
Perkembangan Proyek Jalan Tol Padang-Sicincin