Sitinjau Lauik Longsor Lagi, Dikabarkan Banyak Kendaraan Terjebak

Langgam.id - BMKG mencatat Kabupaten Dharmasraya menjadi salah satu daerah di Sumbar yang berstatus siaga bencana hingga Desember 2022.

Ilustrasi Longsor. [Foto: Ridho/langgam.id]

Langgam.id - Antrean kendaraan dilaporkan kembali terjadi di Panorama II Sitinjau Lauik, Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar), disinyalir akibat terjadi longsor di bekas lokasi kejadian sebelumnya.

Pantauan dari video yang beredar, kemacetan terjadi pada Jumat (2/9/2022) malam. Sebelumnya, material tanah di lokasi longsor sempat turun pada sore hari, namun telah dibersihkan.

Lalu, pukul 17.45 arus lalu lintas kendaraan sempat berjalan dengan sistem buka tutup. Namun, dari laporan akun Instagram @truksumbar32 pukul 19.10 WIB terjadi penumpukan kendaraan.

Terlihat para pengendara sepeda motor begitu banyak terjebak, begitupun mobil. Kapolsek Lubuk Kilangan, Kompol Lija Nesmon yang dicoba dikonfirmasi belum merespons.

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Basril mengatakan, material tanah di lokasi bekas longsor sangat mudah turun ketika hujan dengan intensitas tinggi. "Material turun terus. Tapi alat berat standby terus di lokasi," ujar Basril kepda langgam.id, Jumat (2/9/2022).

Diketahui, di lokasi ini memang menjadi ancaman longsor bagi pengendara. Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah sebelumnya sempat menegaskan bahwa perbaikan jalan Sitinjau Lauik usai longsor akan segera dilaksanakan.

Sitinjau Lauik, kata Mahyeldi, menjadi jalur penting perekonomian Sumbar. Ia berharap, pengerjaan jalan bisa berjalan lancar dan tidak membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Kata Mahyeldi Fly Over Sitinjau Lauik Jadi Dibangun 2023, Dikerjakan Hutama Karya

“Perbaikan jalan akan dilakukan BPJN karena ini jalan nasional dan bencana. Polhut juga akan diturunkan untuk pengawalan, PU Provinsi Sumbar mengawasi dan dishub membantu pengaturan lalu lintas. Tentang perizinan hutan lindung, perizinannya dari provinsi,” ujar Mahyeldi saat meninjau kawasan longsor di Sitinjau Lauik, Selasa (30/8/2022).

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Daftar 11 Rekrutan Anyar Semen Padang FC, Ramaikan Liga 1 2024/2025
Daftar 11 Rekrutan Anyar Semen Padang FC, Ramaikan Liga 1 2024/2025
Langgam.id - Kongres Kebudayaan 2022 resmi dilaunching dalam acara yang digelar di Hotel Santika, Kota Padang, Sumbar, Selasa (9/8/2022).
Irman Gusman Serahkan Dokumen Mantan Terpidana ke KPU Sumbar
PWM Sumatra Barat memberikan rekomendasi dukungan kepada calon Anggota DPD RI daerah pemilihan (Dapil) Sumbar pada Pemilihan Suara Ulang
Muhammadiyah Dukung Irman Gusman Jadi Anggota DPD RI pada PSU 13 Juli 2024
Roni Nazra Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan OJK Sumbar
Roni Nazra Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Perwakilan OJK Sumbar
Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Pilgub Sumbar 2024: Mahyeldi Teratas di 4 Lembaga Survei, Epyardi Melejit
Calon siswa yang dinyatakan diterima di tahap I PPDB SMP negeri di Padang jalur zonasi, sudah diumumkan pada Rabu (19/6/2024).
Daya Tampung 6 SMP Negeri di Padang Ini Belum Terpenuhi di PPDB Tahap I, Apa Saja?