Siswa SMAN 2 Sawahlunto dan SMAN 3 Padang Wakili Sumbar di Paskibraka Nasional

Siswa SMAN 2 Sawahlunto dan SMAN 3 Padang Wakili Sumbar di Paskibraka Nasional

Dua siswa wakil Sumbar di Paskibraka Nasional berlatih menari didampingi para pelatih. (Foto: Dispora Sumbar)

Langgam.id - Roni Kurniawan dan Ratih Biguna Lenandri, mewakili Sumatra Barat dalam Paskibraka Nasional tahun 2019 ini. Mereka akan bergabung dalam pasukan pengibar bendera merah putih pada 17 Agustus 2019 mendatang.

Roni, putra pasangan Mustakmal dan Junisma Wandrianis merupakan siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sawahlunto. Sementara, Ratih, putri pasangan Adtrimon dan Rusfaleni adalah siswi Kelas X SMA Negeri 3 Padang.

Plt Kadispora Sumbar, Edwarsyah Ramli mengatakan sebelum bertolak ke Jakarta dua calon Paskibraka menjalani TC di Asrama Pramuka dari tanggal 9-13 Juli. Mereka dibina empat pelatih yakni, Zamref, Hendri Budi Utama, Hendri K dan Suryani.

"Mereka digembleng dengan pengetahuan umum wawasan kebangsaan, PBB, Kesmataan, seni dan budaya," katanya, sebagaimana dilansir Dispora Sumbar di situs resmi Pemprov, Rabu (10/7/2019).

Dikatakannya, usai ini, mereka akan bergabung bersama Tim calon Paskibaraka Nasional, untuk menjalani pelatihan dalam mempersiapkan formasi pengibaran bendera merah putih di Istana Negara.

"Saya berharap dua calon Paskibraka utusan Sumbar ini dapat meraih prestasi pada saat menjalani latihan di Jakarta, dan dapat terpilih menjadi barisan inti pembawa baki pada pasukan pengibar bendera," ujar Ramli.

Ia berpesan, Roni dan Ratih agar bersungguh- sungguh menjalani pelatihan di Jakarta. "Jaga kesehatan dan nama baik Sumatera Barat," katanya.

Ramli juga menyatakan, bahwa suatu kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Barat, apa bila dua calon paskibraka asal Sumatera Barat ini bisa bergabung dalam Tim inti Paskibrakan Nasional.

Sementara Panitia pelaksana Kasi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda, Elvis Martin memaparkan, dua calon paskibraka yang mewakili Sumatera Barat ketingkat Nasional ini merupakan baik dari yang terbaik.

“Roni dan Ratih merupakan calon paskibraka Nasional utusan Sumbar yang terbaik, karena telah melalui seleksi ketat berjenjang dari tingkat kabupaten/kota sampai tingkat Provinsi yang telah dilakukan sejak Mei 2019," tutur Elvis. (*/SS)

Baca Juga

Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Sebanyak 65 pelajar terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Padang Panjang 2024. Sebelumnya ada 207
65 Pelajar Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Padang Panjang 2024
Sebanyak 207 siswa tingkat SMA se-Kota Padang Panjang mengikuti tes secara online dan offline seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024.
207 Siswa SMA di Padang Panjang Ikuti Seleksi Paskibraka 2024
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat
epala Kesbangpol Padang, Tarmizi Ismail mengatakan, bahwa seleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kota Padang 2024
468 Pelajar di Padang Ikuti Seleksi Calon Paskibraka
Angkat Keberagaman dan Toleransi, Dispora Sumbar Gelar Malam Anugerah Lomba Video Kreatif 2023
Angkat Keberagaman dan Toleransi, Dispora Sumbar Gelar Malam Anugerah Lomba Video Kreatif 2023