Sinergisme Energi Mensukseskan Program Pengabdian Kampung Tematik

Program pengabdian kampung tematik menjadikan masyarakat sebagai pelaku utama dalam mengupayakan setiap kegiatan dapat dilakukan agar masyarakat memiliki tanggung jawab bersama mewujudkan kemajuan usaha di kampung tematik.

Kegiatan yang melibatkan para akademisi sebagai salah satu tridarma perguruan tinggi menjadikan program ini sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan. Salah satu kelurahan yang menjadi dampingan dari program kampung tematik ini adalah Kelurahan Batu Gadang yang akan menjadi dampingan dari Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.

Diperlukan dukungan sepenuhnya dari semua elemen masyarakat agar kegiatan pengabdian kampung tematik dapat terlaksana dengan baik dan mencapai hasil yang pastinya bisa berdampak bagi masyarakat khususnya di Kelurahan Batu Gadang.

Kelurahan Batu Gadang yang menjadi salah satu dari 11 kelurahan yang terpilih sebagai program kampung tematik banyak memiliki potensi yang bisa dikembangkan. Tidak hanya usaha seribu kerupuk dan pengolahan sampah yang sudah berjalan lama, tapi potensi pariwisata seperti air terjun dan Ngalau Baba juga bisa dikembangkan sebagai objek wisata di kelurahan tersebut.

Selain itu, di Kelurahan Batu Gadang ada pembangkit tenaga air mikro yang sudah lama beroperasi dan sampai sekarang masyarakat masih bisa dirasakan dampak manfaatnya dengan kehadiran pembangkit tenaga air ini.

Tentunya manfaat tersebut bisa lebih banyak lagi dirasakan oleh masyarakat dengan adanya akses pelebaran jalan ke lokasi tersebut.

Diharapkan Kelurahan Batu Gadang menjadi sentra pelaksanaan kampung tematik yang sangat komplit mulai dari kuliner sampai pariwisatanya yang bisa menjadi ikon dari Kota Padang.

Pemerintah Kota Padang bekerjasama dengan akademisi khususnya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi untuk mendukung program Kampung Tematik dan telah menetapkan lokasi dan tema Kampung Tematik di 11 kecamatan di Kota Padang yang salah satunya Kelurahan Batu Gadang.

Adapun tujuan program pembangunan kampung tematik ini bertujuan untuk mengembangkan ekonomi lokal masyarakat berdasarkan potensi wilayah yang dimiliki sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal setempat sesuai dengan potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.

Perguruan tinggi sebagai salah satu pendamping program kampung tematik banyak memiliki sumber daya yang dapat mendorong percepatan pembangunan kampung tematik melalui kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi salah satunya dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas turut berperan aktif dalam mensukseskan program ini demi kemajuan masyarakat Kelurahan Batu Gadang **

*Dosen Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas dan Pendamping Kampung Tematik Kelurahan Batu Gadang Kota Padang

Baca Juga

Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Petani Jangan Bunuh Parasitoid, Parasitoid Itu Musuh Alami Hama
Membuka Potensi Kreatif: Pemanfaatan Daur Ulang Koran dan Kertas Bekas untuk Menciptakan Kertas Seni Berkualitas
Membuka Potensi Kreatif: Pemanfaatan Daur Ulang Koran dan Kertas Bekas untuk Menciptakan Kertas Seni Berkualitas
Tantangan dan Strategi dalam Diversifikasi Produk Olahan Jamur Tiram Menjadi Mie Bernutrisi Tinggi
Tantangan dan Strategi dalam Diversifikasi Produk Olahan Jamur Tiram Menjadi Mie Bernutrisi Tinggi
Universitas Andalas (UNAND) menerima sebanyak 7.505 mahasiswa baru untuk Program Diploma (DIII) dan juga Sarjana (S1) pada tahun ini.
11 Prodi di UNAND dengan Daya Tampung Terbanyak di SNBP 2024
Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) masuk 10 kampus terbaik di Sumatra versi Webometrics 2024.
Berikut 10 Kampus Terbaik di Sumatra Versi Webometrics 2024, Dua Ada di Sumbar
Pertamina Salurkan Rp141,9 Miliar Dana Bergulir Bantu 5.116 UMKM
Pertamina Salurkan Rp141,9 Miliar Dana Bergulir Bantu 5.116 UMKM