Seorang Warga Meninggal Tertimbun Longsor Tambang Pasir di Palembayan Agam

Longsor tambang agam, sumbar siaga bencana

Longsor tambang pasir di Palembayan Agam [dok.Polres Agam]

Langgam.id - Tebing tambang pasir di Jorong Koto Gadang, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) mengalami longsor. Akibatnya, satu orang pekerja bernama Ardimal (50) meninggal dunia tertimbun tanah galian.

Kasat Reskrim Polres Agam, AKP Fahrel Haris mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Sabtu (4/9/2021) sekitar pukul 14.30 WIB. Video saat tebing longsor juga beredar di media sosial.

"Korban meninggal dunia satu orang. Pas kejadian korban langsung ditemukan," kata Fahrel dihubungi langgam.id, Minggu (5/9/2021).

Fahrel mengungkapkan, tambang tersebut memiliki tinggi kurang lebih 25 meter. Para pekerja menggali tanah dengan mengunakan linggis.

Baca juga: Bupati Agam Minta Perantau Investasi di Kampung Halaman

Pada saat kejadian, kata dia, posisi korban berada di bawah tebing dekat kendaraan yang menampung tanah. Kemudian, tebing langsung mengalami longsor.

"Ini tambang rakyat, perizinan ada di nagari. Kalau galian c, ada izin kabupaten ke provinsi. Ini tambang pasir, enggak pakai alat berat," jelasnya.

Selain korban, satu unit kendaraan
colt diesel juga tertimbun tanah galian. Korban ditemukan masyarakat dan langsung dilarikan ke Puskesmas terdekat namun nyawanya tidak tertolong.

Baca Juga

Presiden Joko Widodo (Jokowi)) memerintahkan Kementerian PUPR untuk menambah jumlah sabo dam di Sumatra Barat (Sumbar). Hal itu dilakukan untuk mencegah bencana banjir bandang
Butuh 56 Sabo Dam Atasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar, Jokowi: Sekarang Baru Ada Dua
Jokowi mengatakan, bahwa akibat bencana banjir bandang yang melanda Sumbar beberap waktu lalu, menyebabkan 625 rumah warga mengalami
159 Rumah Rusak Berat Akibat Banjir di Sumbar, Jokowi: Ada 100-an Sudah Setuju untuk Relokasi
Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
Presiden Jokowi Tiba di Ranah Minang
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat
3 Ton NaCl Disebar di Langit Kota Padang pada TMC Hari Keempat