Senat UIN IB Padang Benchmarking ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Brancmarking Senat UIN Imam Bonjol ke UIN Malik Ibrahim Malang. [Foto: Dok. UIN IB Padang]

Brancmarking Senat UIN Imam Bonjol ke UIN Malik Ibrahim Malang. [Foto: Dok. UIN IB Padang]

Langgam.id - Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menggelar benchmarking ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 4-7 Juni 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka bertukar informasi terkait peran senat dalam akreditasi Institusi, kode etik dan komisi etik dosen serta tenaga kependidikan.

Rombongan disambut oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Umi Sumbulah yang juga merupakan alumni dari UIN Imam Bonjol Padang.

Pelaksanaan kegiatan berlokasi di lantai 4 gedung rektorat untuk melihat beberapa ruangan yang diperuntukan untuk Ruang Komisi dan Ruang Guru Besar, serta ruangan Ketua dan Sekretaris Senat.

Setelah berkeliling memperkenalkan beberapa ruangan, rombongan diarahkan ke ruang Rapat senat untuk melakukan diskusi.

Hadir dalam diskusi tersebut, Ketua Senat A. Muhtadi Ridwan, Sekretaris Senat, Ketua Komisi dan Kepala Biro AUPK UIN Malang.

Dalam sambutannya, Ketua Senat UIN Malang, A. Muhtadi Ridwan mengucapkan selamat datang, beliau merasa terhormat sekali atas hadirnya anggota senat UIN Imam Bonjol Padang beserta rombongan.

Dikatakan Muhtadi, Senat saat ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting mulai dari aspek kelembagaan dalam memberikan pertimbangan hingga bagaimana memberikan keputusan terhadap kebijakan-kebijakan yang akan diputuskan.

"Selain itu senat juga memiliki tanggung jawab dalam melakukan evaluasi terhadap beberapa kebijakan yang berlaku," ujar Muhtadi.

Menurut Muhtadi, bahwa ketua senat yang harus mengevaluasi dan memberikan pertimbangan kepada rektor dan juga pemberian sangsi.

Secara teknis, lanjut Muhtadi, setiap komisi di anggota senat sudah memiliki fokus tersendiri, di mana senat tersebut bertugas untuk memberikan pertimbangan dalam setiap merespon regulasi sebelum kebijakan itu diputuskan oleh rektor selaku pimpinan tertinggi di kampus.

Setelah diskusi di ruang senat, rombongan kembali ke ruang pertemuan Rektor.

Baca juga: UIN IB Padang Gelar Workshop Penerapan Tanda Tangan Elektronik

Dalam sambutannya, Rektor UIN Malang M. Zainuddin mengucapkan selamat datang dan merasa terhormat atas kunjungan Senat UIN Imam Bonjol Padang.

Selanjutnya gayung bersambut ucapan terima kasih disampaikan oleh Rektor UIN IB atas sambutan dan waktu yang disediakan oleh para anggota senat UIN Malang. Kegiatan diakhiri dengan jamuan makan siang bersama. (*/adv)

Baca Juga

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang menggelar halal bi halal usai cuti bersama Idul Fitri 1445 H di Gedung J kampus III UIN IB,
Jalin Silaturahmi, UIN Imam Bonjol Padang Adakan Halal bi Halal
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang memperpanjang pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024. Hal itu diketahui dari postingan
Pendaftaran Wisuda ke-91 Tahun 2024 UIN Imam Bonjol Padang Diperpanjang
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang membuka pendaftaran wisuda ke-91 tahun 2024 untuk program diploma, program sarjana, program
UIN Imam Bonjol Padang Buka Pendaftaran Wisuda ke-91 pada 26-30 Maret 2024
Kemenkeu Goes To Campus dilaksanakan di Ruang Aula Gedung Kuliah Bersama Kampus III UIN Imam Bonjol Padang, Selasa (5/3/2024).
Kemenkeu Goes to Campus 2024 Digelar di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang berhasil meraih predikat sebagai salah satu kampus keagamaan Islam terbaik di Indonesia. Berdasarkan SPAN-PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang Peringkat Keempat dengan Pendaftar Terbanyak di SPAN PTKIN
UIN Imam Bonjol Padang akan mengelar perlombaan bagi mahasiswa yakni Pekan Kreatifitas Mahasiswa Universitas (PKMU). Perlombaan tahunan ini
UIN Imam Bonjol Bakal Gelar Pekan Kreativitas Mahasiswa Universitas 30 April-5 Mei