Sekda Padang Buka MTQ Kecamatan Kuranji, Diikuti 207 Qori dan Qoriah

Sekda Padang Buka MTQ Kecamatan Kuranji, Diikuti 207 Qori dan Qoriah

Sekda Kota Padang Andree Algamar membuka MTQ tingkat Kecamatan Kuranji. (Foto: Prokopim Padang)

Langgam.id - Sekretaris Daerah Kota Padang Andree Algamar resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-41 Tingkat Kecamatan Kuranji, di halaman Masjid Al Jihad, Kelurahan Korong Gadang, Jumat (10/5/2024) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gendang rebana qasidah oleh Andree Algamar bersama Kakan Kemenag Kota Padang Edy Oktaviandi, Camat Kuranji Rido Satria, Tokoh Masyarakat Kuranji Irwan Basyir, dan Ketua Panitia M. Fikar.

Andree Algamar mengatakan, pelaksanaan lomba MTQ tingkat Kuranji ini merupakan implementasi dari Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang Nomor 6 Tahun 2023 Tentang Wajib Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Peserta Didik Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah.

"Kami berkomitmen menjadikan Padang yang madani. Salah satu upaya kami dengan melaksanakan MTQ yang bertujuan untuk pembinaan spiritual dan mental bagi masyarakat Kota Padang khususnya generasi muda," ujar Andree Algamar.

Andree Algamar berharap melalui lomba MTQ ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari para qori dan qoriah, dan dapat memberikan pemahaman, pendalaman terhadap isi Al-Qur'an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami Pemerintah Kota Padang sangat mengapresiasi MTQ yang diadakan oleh Pemerintahan Kecamatan Kuranji ini. Semoga melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama Kota Padang di tingkat nasional nantinya," pungkas Andree Algamar.

Sementara itu, Ketua Panitia MTQ Tingkat Kecamatan Kuranji M. Fikar menyampaikan, pelaksanaan MTQ ini berlangsung selama 3 hari, dari 10 sampai dengan 12 Mei 2024. Peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 207 orang dengan memperlombakan sebanyak tujuh cabang.

"Ada 7 cabang lomba yang kami perlombakan dalam MTQ kali ini. Diantaranya cabang tilawah, Sahil quran, Musabaqoh famil Qur'an, Tahfiz, khutbah Jum'at dan adzan, dan cabang Tartil," sebutnya. (*/Fs)

Baca Juga

Sekda Kota Padang Serahkan Bantuan THR untuk Anak Yatim Binaan Masjid Agung Nurul Iman
Sekda Kota Padang Serahkan Bantuan THR untuk Anak Yatim Binaan Masjid Agung Nurul Iman
Langgam.id - Sosok Andree Algamar sebagai abdi negara tentunya tak asing lagi bagi kebanyakan orang, terutama di lingkungan Pemko Padang.
Jejak Karir Andree Algamar, dari Ajudan Fauzi Bahar hingga Kini Jadi Sekda di Masa Hendri Septa
Langgam.id - Sekda Kota Padang defenitif akhirnya terpilih dan akan dilantik langsung Wako Hendri Septa hari ini, Senin (13/6/2022).
Andree Algamar Terpilih Jadi Sekda Kota Padang, Dilantik Hendri Septa Hari Ini
Sejumlah pejabat mengikuti seleksi terbuka jabatan lima kepala OPD Pemko Padang yang sedang kosong. Jabatan Eselon II yang kosong tersebut
Sekda Defenitif Kota Padang Bakal Dilantik Pekan Depan
Kantor Lurah padang, padang tenaga, lelang jabatan
Diajukan ke Gubernur, Ini 3 Calon Sekda Kota Padang
Langgam.id - Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali membuka seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama untuk dua jabatan eselon II.
6 Calon Sekda Padang Lulus Seleksi Admnistrasi, Ada dari Solok, Bukittinggi dan Padang Panjang