Sebulan, RSUD Solok Selatan Butuh 300 Kantong Darah

Sebulan, RSUD Solok Selatan Butuh 300 Kantong Darah

Aksi donor darah di Solok Selatan (ist)

Langgam.id - Ratusan karyawan PT Supreme Energy Muara Laboh (SEML) menggelar aksi donor darah di kawasan kantor perusahaan di Kabupaten Solok Selatan, Selasa (24/9/2019).

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan, aksi donor darah merupakan bentuk kepedulian manusia terhadap manusia lain yang membutuhkan. Menurutnya, potensi darah dari karyawan PT SEML cukup baik dalam membantu ketersediaan stok darah di Solok Selatan.

“Perusahaan dan konsorsium ini memiliki hampir dua ribu karyawan. Sangat potensial untuk menggalang donor darah,” kata Abdul Rahman yang juga menjabat sebagai ketua PMI Solok Selatan itu.

Menurutnya, aksi donor darah ini merupakan kali kedua dilakukan oleh karyawan yang bergerak di bidang energi panas bumi tersebut. “Mudah-mudahan aksi kemanusiaan ini menjadi amal ibadah,” katanya.

Saat ini, lanjut Abdul Rahman, RSUD Solok Selatan membutuhkan 300 kantong darah setiap bulannya. Di sisi lain, PMI hanya mampu menyediakan 300 kantong darah dalam setahun. Lantas, untuk menutupi kekurangan tersebut, pihaknya terpaksa menyuplay darah dari provinsi.

“Kalau selalu mensuplay darah dari provinsi, tentu kita harus mengganti. Ini yang membuat kita selalu defisit karena harus mengganti darah,” tuturnya.

Sementara itu, Proyek Manager SEML Wahyu Mulyana mengatakan, donor darah ini diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan dan mungkin suatu saat pihaknya juga akan membutuhkan.

“Mudah-mudahan kita bukan bagian yang membutuhkan,” ungkapnya.

Kepala Teknis Panas Bumi Yoza Jamal melanjutkan, bakti sosial donor darah ini adalah salah satu bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat di Solok Selatan.

‘Kami juga rencanakan aksi ini rutin digelar setiap tahun,” katanya. (*/ICA)

Baca Juga

Wabup Solok Selatan Ingatkan Kejar Target PAD Rp80 Miliar Tahun Ini
Wabup Solok Selatan Ingatkan Kejar Target PAD Rp80 Miliar Tahun Ini
Festival durian solsel
Anak Bupati Solok Selatan Bakal Diperiksa Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara yang Ditanami Sawit
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Kejati Sumbar Periksa Bupati Solok Selatan Khairunas Terkait Dugaan Korupsi Lahan Hutan Negara
Pemkab Solsel menggelar Festival Durian Solok Selatan di Objek Wisata Pulau Mutiara, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Kegiatan ini digelar sejak 16 hingga 19 April 2024.
Festival Durian Solok Selatan, 2.500 Buah Durian Dibagikan Gratis Besok
Pemerintah daerah dari sejumlah kabupaten/kota di Sumatra Barat telah mempersiapkan sejumlah destinasi wisata unggulannya di momen libur .
3 Destinasi Wisata Unggulan Menarik di Solok Selatan saat Libur Lebaran, Apa Saja?
Langgam.id - Harimau Sumatera yang ditangkap BKSDA Sumbar di Maua Hilia, Palembayan, Kabupaten Agam dinamai Puti Maua.
Warga Lubuk Gadang Tenggara di Solok Selatan Lihat Harimau Masuk Kampung