Sebelum Reaktif Covid-19, Wawako Bukittinggi Sempat Ikuti 2 Kali Pertemuan

Vaksin dan 3M Jurus Ampuh Lawan Covid-19

Ilustrasi Corona (Foto: Pixabay)

Langgam.id - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi reaktif Virus Corona (Covid-19) setelah dilakukan pemeriksaan cepat (Rapid Test) sebanyak 3 kali. Saat ini, orang nomor dua di Kota Bukittinggi itu sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit, karena ia juga memiliki penyakit penyerta.

Sementara, untuk memastikan apakah Irwandi terjangkit Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bukittinggi telah mengambil swab tenggorokan dan hidungnya dan telah dikirim ke Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.

Keterangan Wali Kota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, bahwa wakilnya tersebut sempat menghadiri pertemuan di salah satu acara di Kota Pariaman sebelum dinyatakan reaktif Covid-19. Kegiatan itu dihadiri perwakilan kepala daerah se-Sumatra dan berlangsung Maret 2020.

"Pulang dari Pariaman memang sudah kurang sehat, waktu itu sakitnya di kepala. Akhirnya istirahat selama 15 hari di rumah," ujar Ramlan kepada wartawan saat jumpa pers online yang diadakan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumbar, Selasa (21/4/2020).

Setelah istirahat selama 15 hari, menurut Ramlan, kondisi Irwandi mulai membaik dan sudah bisa beraktivitas dengan normal. Bahkan, sudah mengikuti Rapat Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) di Hotel Rocky Bukittinggi, peretemuan tersebut juga telah menerapkan physical distancing.

"Saya sempat ngobrol dengan beliau, ketika sehat, ada acara di Hotel Rocky, beliau juga ikut, ada. Yang maninggal juga positif, perempuan (ikut di acara). Apakah dapat di situ enggak tahu, tapi kita belum bisa mengatakan positif karena hasil swab belum keluar, mudah-mudahan hari ini keluar," jelasnya.

Pasca-hasil rapid test tiga kali reaktif Covid-19, Ramlan menyebutkan, seluruh keluarga Irwandi sudah diisolasi. Hal itu dilakukan sebagai upaya antisipasi cepat, apabila mendapat kabar terburuk.

"Termasuk ajudan dan sopir. Kita jaga-jaga aja, tapi menjelang hasil laboratorium kita melakukan hal yang menenangkan. Makanya, upaya kita di pemerintahan mempercepat memutus (penyebaran) apabila itu terjadi, tapi harapan kita tidak itu," katanya. (Irwanda/ZE)

Baca Juga

Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Selama libur Lebaran 2024, tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan 100 persen
Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel di Bukittinggi Naik 100 Persen Dibanding 2023
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah menyiapkan 14 titik parkir resmi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 2024. Belasan titik
Pemko Bukittinggi Siapkan 14 Titik Parkir Resmi, Ini Lokasi dan Tarifnya
Bantuan beras dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, belakang menjadi sorotan. Di media sosial, heboh bantuan itu karena
Heboh Beras Bantuan Baznas Ada Foto Wali Kota Bukittinggi, Banyak Dikecam
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Stasiun Lambuang di bekas Stasiun Kereta Api Bukittinggi. Stasiun Lambuang ini akan menjadi pusat
Stasiun Lambuang Bukittinggi Diresmikan Menteri BUMN, Bakal Jadi Pusat Kuliner Terbesar di Sumbar